All New Toyota Innova FWD Akan Gunakan Platform TNGA Apakah?

All New Toyota Innova FWD Akan Gunakan Platform TNGA Apakah?

Penerus Toyota Innova akan hadir tak lama lagi. Perubahan besar dari MPV legendaris ini terletak pada penggeraknya yang akan mengadopsi sistem penggerak roda depan dan akan menanggalkan sistem body on frame alias sasis tangga yang selama ini dihandalkan.

Rancang bangun mobil ini akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menjadi andalan mobil-mobil anyar Toyota saat ini.

Jika melihat dari lima platform TNGA yang kini dimiliki, kira-kira mobil ini akan menggunakan jenis yang mana?

Untuk mengetahui platform mana yang sesuai, maka ada baiknya kita mengenal beberapa jenis TNGA yang ada saat ini.

TNGA-B

Platform TNGA-B menopang kendaraan unibody di segmen B atau mobil subkompak, dan kategori SUV crossover subkompak.

Platform ini ditawarkan dalam varian penggerak roda depan dan penggerak semua roda dan dipasangkan dengan mesin melintang. Platform ini juga mendukung panjang wheelbase 2.550–2.600 mm. TNGA-B menggantikan platform B

Mobil yang menggunakan platform ini di antaranya adalah: Toyota Aqua, Aygo, Yaris, GR Yaris, Mazda 2 Hybrid dan Yaris Cross.

TNGA-C

Platform TNGA-C digunakan pada kendaraan unibody di segmen C yang terdiri atas mobil kompak, kategori SUV crossover subkompak/kompak. Platform ini ditawarkan dalam varian penggerak roda depan dan penggerak semua roda. Konstruksi ini hanya untuk mesin mesin melintang. Platform ini juga mendukung panjang wheelbase 2.640-2.850 mm. TNGA-C menggantikan platform MC/New MC

Mobil menggunakan platform ini antara lain : Corolla, Corolla Cross, CH-R, Noah,Voxy, Prius dan Lexus UX

TNGA-F

Menjadi satu-satunya struktur TNGA yang menganut sasis tangga. Digunakan pada kategori SUV dan pikap fullsize. Selain itu juga akan digunakan untuk menopang truk pikap menengah masa depan serta SUV menengah. Ini mendukung panjang wheelbase 2.850-4.180 mm.

Saat ini digunakan pada Land Cruiser 300, Tundra, Sequoia dan Lexus LX.

TNGA-K

Platform TNGA-K merupakan struktur unibody di segmen D/segmen E atau mobil ukuran sedang/ukuran penuh, dan kategori SUV crossover kompak/sedang. Platform ini ditawarkan dalam varian penggerak roda depan dan penggerak semua roda dan dipasangkan dengan mesin melintang. Platform ini juga mendukung panjang wheelbase 2.690–3.060 mm. TNGA-K menggantikan platform K .

Digunakan pada Avalon, Camry, Crown Crossover, Harrier, Highlander, RAV4, Sienna, Lexus ES, NX dan RX

TNGA-L

Platform TNGA-L menopang kendaraan unibody dalam kategori E-segment/F-segment/S-segment atau mid-size/full-size luxury car/grand tourer. Platform ini ditawarkan dalam varian penggerak roda belakang dan penggerak semua roda dan dipasangkan dengan mesin longitudinal. Platform ini juga mendukung panjang wheelbase 2.870–3.125 mm. TNGA-L menggantikan platform N.

Pengguna platform ini adalah Crownsedan, Mirai, Lexus LC dan LS

Sementara itu masih ada satu lagi platform yakni e-TNGA yang khusus digunakan untuk mobil full elektrik (BEV) yang digunakan Toyota bZ4x, Subaru Soltera dan Lexus RZ.

Dari sederet model TNGA yang saat ini dimiliki oleh Toyota,  TNGA-B, TNGA-F, TNGA-L dan e-TNGA kita coret dari daftar rancang bangun Innova baru. TNGA-B terlalu kecil, sedangkan TNGA-F menggunakan sasis tangga di mana untuk All New Innova dikatakan sudah beralih ke model unibody atau monokok. Sedangkan TNGA-L dicoret dari list karena mengakomodir mesin dengan posisi longituginal dengan penggerak belakang ataupun all wheeldrive. Sudah pasti untuk e-TNGA tidak masuk dalam kotak, lantaran dikhususkan untuk platform mobil listrik.

Hanya tersisa dua nama yakni TNGA-C dan TNGA-K yang sesuai dengan ciri-ciri Innova baru.

TNGA-K jadi jenis yang dinilai pas karena digunakan pada mobil mid-size hingga full-size. Demikian pula dengan TNGA-C yang menyandang untuk ukuran kompak dan subkompak. Berdasarkan uraian di atas, Innova masuk ke ukuran compact MPV dan membuatnya lebih mengerucut pada jenis TNGA-C dibandingkan TNGA-K.

Selain itu beberapa bocoran dengan tegas mengisyaratkan penggunaan konstruksi TNGA-C. Artinya Innova akan punya rancang bangun yang sama dengan yang telah digunakan pada Corolla, Corolla Cross, CH-R, Voxy ataupun Prius.

Kita tunggu kehadiran mobil yang satu ini dan konon akan hadir pada gelaran GIIAS 2022 yang digelar dalam minggu ini.

Markondez

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com