Berada di Rumpun Harga Yang Sama. Pilih Toyota Voxy atau Kijang Innova Zenix?

Berada di Rumpun Harga Yang Sama. Pilih Toyota Voxy atau Kijang Innova Zenix?

Toyota Kijang Innova Zenix hadir dengan membawa kejutan baru. Di samping surprise di bidang teknis yang cukup signifikan, terdapat kejutan non teknis yakni dari sisi harga, di mana sebuah Kijang Innova Zenix Q Hybrid sudah tembus di angka Rp600 jutaan, tepatnya Rp611jutaan. Harga ini bahkan lebih tinggi dari sebuah Toyota Voxy yang dicanteli dengan harga Rp579,5 jutaan.

Jika melihat di atas kertas, maka harga kedua MPV ini akan saling memangsa satu dengan yang lain.

Yes, pada level harga ini Innova Zenix Q unggul dalam hal teknologi penggeraknya lantaran dilengkapi dengan teknologi hybrid generasi V dari Toyota. Teknologi ini setara dengan yang digunakan oleh Prius.

Fitur hybrid ini akan memberikan tarikan spontan yang lebih kuat putaran mesin bawah dan mampu memberikan konsumsi BBM yang lebih baik.

Sedangkan Voxy yang juga menggunakan platform yang sama yakni TNGA-C tidak dibekali dengan opsi hybrid (untuk pasar di Indonesia) dan menggunakan mesin yang sama dengan milik Innova Zenix bensin yakni M20-FKS.

Sedangkan untuk transmisi, Zenix Q Hybrid menggunakan transmisi e-CVT yang didedikasikan untuk mobil hybrid, sedangkan untuk Voxy menggunakan transmisi CVT biasa.

Dilihat dari sisi mesin, Innova Zenix Q bisa dikatakan unggul.

Dari sisi fitur, Zenix Q dilengkapi dengan sunroof yang membuatnya lebih stylish, sementara Voxy justru tidak ada.

Melongok lebih dalam ke kabin ternyata keduanya banyak kesamaan. Dilihat dari dasbor nampak bahwa keduanya menggunakan shifter transmisi yang sama, demikian juga dengan tombol ACnya dan lingkar kemudinya pun sama. Hanya saja di areal dasbor, Voxy nampak lebih lega karena tidak menghadirkan konsol boks di antara bangku depan pengemudi dan penumpangnya.

Dasbor Zenix Q
Dasbor Voxy 2022

Dengan dominasi balutan warna gelap, keduanya punya dilengkapi dengan sepasang captain seat dan semua bangku dibalut dengan bahan kulit.

Sedangkan untuk keselamatan, Voxy dibekali dengan tujuh airbag, sedangkan Zenix Q Hybrid hanya 6 saja.

Keduanya sudah dibekali dengan Blind Spot Monitoring (BSM),Toyota Safety sense (TSS) 3.0 yang menyertakan fitur canggih seperti Pre Collision System (PSC), Lane Depature Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Auto High Beam (AHB), Panoramix View Monitor, Vehicle Stability Control(VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Lalu bagimana tanggapan Toyota mengenai kemungkinan terjadi ‘kanibal’ antara Voxy dan Zenix Hybrid Q?

“Secara umum masih ok, bahkan secara total akan menambah pilihan dan volume,” tutur Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) saat dihubungi beberapa waktu silam.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com