All New Innova Gunakan TNGA-C, Satu Keluarga Dengan All New Voxy

All New Innova Gunakan TNGA-C, Satu Keluarga Dengan All New Voxy

Perubahan paling radikal dari Toyota Innova dikabarkan akan terjadi pada tahun ini. MPV paling populer di Indonesia ini akan mengalami perubahan besar, mulai menjadi penggerak roda depan,  menanggalkan sasis tangga dan juga punya opsi mesin hybrid.

Sumber OtoDriver mengatakan bahwa mobil ini akan menggunakan mesin 2.0 liter dan kami berspekulasi bahwa kelak mesin yang digunakan adalah M20A-FXS seperti yang disematkan pada Corolla Hybrid dan mengantarkan mobil hybrid ini menyabet predikat mobil hibrida terbaik di Inggris pada 2020 silam.

Sementara untuk bodi, Autocar India mengabarkan bahwa kelak sang Innova akan menggunakan kerangka Toyota New Global Architecture-C (TNGA-C).

Nama yang tidak terlalu asing lantaran sudah digunakan pada beberapa model seperti C-HR, Corolla Altis, Corolla Cross, All New Voxy dan Lexus UX.

Setidaknya bayangan yang paling dekat dengan sosok MPV ini adalah All New Voxy.

Sumber dari negeri martabak juga menyatakan bahwa Toyota Innova Hybrid akan memiliki panjang 4,7 meter dan wheelbase 2,85 meter.Sepertinya dimensi tersebut mirip denan Innova yang ada saat ini, walau punya wheelbase yang sedikit lebih panjang.

Hilangnya sasis tangga artinya ada reduksi bobot. Disebutkan bahwa Innova Hybrid akan lebih ringan 170 kg dibanding ladder frame Innova yang bermesin bensin.

Mengenai teknologi hybrid, dugaan kuat mobil ini akan menggunakan Hybrid System II atau THS II.

Walau masih berupa spekulasi, mesin dengan THS II yang cukup pas untuk digunakan adalah mesin 2.000cc yang dipadukan dengan motor Synchronous AC dan Nickel-metal Hydride Battery. Teknologi ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2018 silam melalui Toyota Prius HEV

Menyinggung tentang Voxy, di negeri asalnya MPV kotak ini dijajakan juga dengan pilihan mesin hybrid. Hanya saja tipe mesinnya adalah 1.8 liter dengan kode 2ZR-FXE.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com