Kapan Waktu Terbaik Ganti Busi Mobil? Ini Jawabannya

Kapan Waktu Terbaik Ganti Busi Mobil? Ini Jawabannya

Busi menjadi komponen penting pada setiap mesin bensin, tanpa kehadiran busi bisa dipastikan mesin tidak akan berfungsi atau menyala.

Bicara busi ternyata ada hal yang harus diperhatikan, yakni waktu pemakaian yang memang harus sesuai anjuran. lantas berapa waktu pemakaian yang dianjurkan?

"Tergantung busi apa dulu, kalau yang biasa itu per 20 ribu km," kata Mizan, dari Toyota kepada OtoDriver, dalam acara Uji Emisi bersama Garda Oto, di Jakarta, Minggu (11/12).

Lebih lanjut Mizan menyatakan jarak tersebut sama saja pemakaian kendaraan roda empat selama satu tahun. Namun ada model busi lain yang memang bertahan lebih lama yakni iridum.

     Baca Juga:   Ini Deretan Keuntungan Beli Mobil Baru Dibanding Mobil Bekas

Seperti diketahui, material iridum membuat busi dapat tahan panas dan lebih fokus dalam menghasilkan percikan api, membuat membutuhkan tenaga listrik yang sedikit.

"Kalau iridum itu bisa bertahan sampai 4 tahun, atau 100 km kendaraan," tambahnya.

Nah, jadi pastikan untuk mengganti busi mobil secara rutin, sebab ketika dibiarkan akan memengaruhi gas buang kendaraan tersebut. 

Selain itu agar mobil dalam keadaan baik dan tak terjadi masalah akibat busi tak diganti dalam jarak waktu yang cukup lama.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com