Berikut Penanganan Ketika Salah Mengisi Bahan Bakar

Berikut Penanganan Ketika Salah Mengisi Bahan Bakar

Setiap mobil perlu mengisi BBM. Namun walau sudah diberikan pembeda antar jenis BBM pada tiap dispenser, namun tetap saja ada kejadian salah isi BBM antara solar dan bensin.

Terdengar aneh, tapi itu kenyataannya. Bagi mesin bensin yang terisi BBM diesel akan sulit dihidupkan karena bahan bakar (diesel) membutuhkan kompresi tinggi untuk memicu ledakan di ruang bakar. Selain itu, tekanan pada pompa bensin lebih rendah dari diesel dan percikan api busi yang tidak sesuai tak cukup untuk memicu ledakan. 

Kendati demikian kendaraan masih bisa menyalah namun akan tersendat. Ketika pengendara tetap memaksakan melaju dengan kecepatan tinggi membuat komponen mesin rusak. 

Sebab, keduanya mengandalkan kompresi mesin yang berbeda. Misalnya, mesin diesel membutuhkan BBM yang dapat terbakar sendiri hanya dengan mengandalkan kompresi mesin yang tinggi (self ignition). Sementara bahan bakar untuk mesin bensin membutuhkan busi untuk membakarnya. Alhasil mesin diesel akan sulit menyala. 

Di sisi lain ketika dapur pacu diesel dicampur dengan bahan bakar bensin dapat menimbulkan masalah. Seperti kehilangan tenaga, knocking, bahkan dapat membuat komponen mesin jebol. 

Lalu bagaimama penanganan salah isi bahan bakar?

Tetapi tenang saja ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika menyadari salah membeli bahan bakar. Pertama dengan memindahkan mobil dari pengisian dengan cara didorong dan jangan pernah menyalakan mesin karena memiliki risiko yang besar. 

Kedua, jika mesin mobil sudah terlanjur dinyalakan segera matikan dan menepi ketempat aman. Hubungi bengkel resmi atau mekanik yang terpercaya untuk melakukan pengurasan tangki bahan bakar dan diikuti dengan membersihkan jalur bahan bakar hingga perangkat penyemprot BBM ke ruang bakar.  

"Pastikan tidak salah mengisi BBM untuk mencegah masalah pada komponen mesin, dengan lebih mengawasi langsung proses pengisian," ujar Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000. "Sebaiknya, biasakan untuk menyebut jenis bahan bakar yang diinginkan pada petugas pengisian bahan bakar. Ini menjadi cara paling simple supaya terhindar dari kesalahan pengisian bahan bakar," tutupnya.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com