Perang Dimensi Dan Harga Wuling Zhengcheng Vs Toyota Hiace Vs Hyundai H-1

Perang Dimensi Dan Harga Wuling Zhengcheng Vs Toyota Hiace Vs Hyundai H-1

Berbicara sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) besar dengan kapasitas penumpang banyak, ada beberapa pilihan yang beredar di pasaran. Kebanyakan mobil yang bermain di segmen ini jadi pilihan para pengusaha bisnis transportasi sebagai people mover

Nama Toyota Hiace tentu sudah tak asing lagi dengan segmen ini, demikian pula  dengan Hyundai H-1. Keduanya meraja di jalanan Indonesia sebagai people mover yang nyaman. Sehingga membuatnya banyak dijadikan pilihan pebisnis transportasi di tanah air.

Nun jauh di Negeri Tirai Bambu, Wuling nampak gencar melakukan melakukan ekspansi pasar di segmen people mover. Pabrikan berlambang lima berlian ini telah memasarkan Zhengcheng di pasar domestik mereka beberapa waktu silam. Walau belum ada wacana untuk menjualnya di Indonesia saat ini, namun bukan menutup kemungkinan MPV dengan empat baris bangku ini masuk ke Indonesia, jika pasarnya menjanjikan dan hitung-hitungannya masuk. Dan jika hal itu terjadi, maka kehadirannya bisa jadi merusak pasar MPV pembawa 9 penumpang bisa jadi bakal dibanderol lebih murah ketimbang Hiace maupun H-1.

Lalu bagaimana masing-masing keunggulan dan kekurangan jika ketiga mobil tersebut saling berhadapan?

Berbicara dimensi, Hyundai H-1 hadir dengan panjang 5.150 mm, lebar 1.920 dan tinggi 1.925. Sedangkan Toyota Hiace yang banyak digunakan untuk kendaraan komersial sedikit lebih besar dengan panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm. Sedangkan  Zhengcheng tercatat memiliki panjang 5.150 mm, lebar 1.840 mm, dan tingginya 1.895 mm. Dalam hal dimensi, Hiace adalah yang yang paling besar, disusul Hyundai H-1 dan terakhir Zhengcheng.

Namun fakta yang ada baik Hiace maupun H-1 lebih fleksibel untuk keperluan bisnis transportasi, dalam hal kapasitas penumpang. Sebagai gambaran MPV Toyota dapat angkut 15 penumpang. H-1 mendukuki posisi runner up dengan 11 penumpang dengan konfigurasi kursi yang ada. Sedangkan Zhengcheng tercatat hanya memiliki daya angkut 9 penumpang.

Kemudian sebagai perbandingan harga, Zhengcheng dengan segala keunggulannya dibanderol  80.000 Yuan atau sekitar Rp 178 jutaan. Sedangkan harga Toyota Hiace tipe Commuter dijual mulai Rp 512,62 juta dan Hyundai H-1 mulai di angka Rp 508 jutaan.

Walau masih sebatas spekulasi tentang Zengcheng, namun dengan harga yang ada, MPV asal Tiongkok ini sedikit banyak akan mengganggu persaingan yang ada di tanah air.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com