Modifikasi Pintu Depan Guna Manipulasi Tes Tabrak, Bos Toyota Minta Maaf

Daihatsu mengatakan bahwa papan pintu depan dari empat model untuk pasar luar negeri, termasuk Yaris yang diproduksi untuk Toyota telah dimodifikasi dalam pengujian tabrakan samping.
Penulis: Ahmad Biondi
Selasa, 9 Mei 2023 14:55 WIB
Berita - Modifikasi Pintu Depan Guna Manipulasi Tes Tabrak, Bos Toyota Minta Maaf
Bagikan ke:

Akio Toyoda yang merupakan Ketua Toyota Motor Corp, meminta maaf atas pengujian kendaraan yang tidak tepat oleh Daihatsu Motor Co.

"Ini adalah praktik yang seharusnya tidak pernah terjadi," kata Toyoda dalam konferensi pers di Bangkok, seperti disiarkan Kyodo.

"Kelompok (Toyota) secara keseluruhan akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan kembali kepercayaan," katanya berjanji akan memimpin upaya untuk mengatasi masalah ini.

Daihatsu mengatakan bulan lalu bahwa papan pintu depan dari empat model untuk pasar luar negeri, termasuk Yaris yang diproduksi untuk Toyota, "dimodifikasi dengan tidak pantas" dalam pengujian tabrakan samping.

Sekitar 88.000 unit lulus uji dengan modifikasi seperti itu, banyak di antaranya dijual di Thailand dan Malaysia, kata Daihatsu.

Foto - Modifikasi Pintu Depan Guna Manipulasi Tes Tabrak, Bos Toyota Minta Maaf


Manipulasi pengujian tabrakan Daihatsu, yang ditemukan setelah laporan dari pelapor, terjadi setelah divisi truk Toyota, Hino Motors Ltd., tahun lalu mengakui pemalsuan data mesin, dan Toyota Industries Corp. mengungkapkan pada bulan Maret pengujian yang tidak benar dari mesin forkliftnya.

Keempat model buatan Daihatsu yang dimaksud adalah Toyota Yaris ATIV, Toyota Agya, Axia yang diproduksi untuk Perodua Malaysia, dan satu model yang tidak disebutkan namanya yang masih dalam pengembangan.

Menurut Daihatsu, sekitar 76.000 unit Yaris yang terkena dampak telah terjual di Thailand dan Timur Tengah, di antara pasar lainnya.

Toyota mengatakan dari keempat model tersebut pihaknya telah mengonfirmasi keselamatan dan kualitas Yaris dan dapat menjamin kepada pelanggan bahwa mobil tersebut aman untuk dikendarai. Toyota Agya dijadwalkan akan dijual di Ekuador.

#toyota #daihatsu #tes-tabrak

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.