Mobil Diesel Semakin Tak Punya Tempat di Eropa

Mobil Diesel Semakin Tak Punya Tempat di Eropa

Walau standar peraturan emisi di ranah Eropa tergolong cukup ketat, namun beberapa kota di benua biru tak mau kompromi lagi dengan mesin diesel. Setidaknya ada lagi tiga kota yang siap melarang munculnya mobil bermesin diesel.

Dikutip dari Autocar (17/12), Paris, Brusel dan Madrid akan melarang peredaran mobil berbahan bakar solar. Sekalipun mesin atau mobil tersebut sudah memenuhi standar Euro 6, tiga kota ini tetap menolak masuknya mobil diesel baru.

 

Aturan tersebut diumumkan setelah Pengadilan Uni Eropa menetapakan emisi nitrogen oxides (NOx) tidak boleh lebih dari 80 mg/km. Bahkan selain 3 kota di atas, kota Köln dan Bonn di Jerman juga akan melarang peredaran mobil diesel.

Pengadilan Jerman memutuskan bahwa dua kota tersebut harus melarang kendaraan diesel berpolusi tinggi untuk meningkatkan kualitas udara. Larangan itu harus diberlakukan mulai April 2019.

Sebelumnya, kota Stuttgart, Aachen, Frankfurt, Mainz dan Berlin juga diperintahkan pengadilan untuk memberlakukan larangan kendaraan diesel. Hamburg kini menerapkan larangan kendaraan diesel secara terbatas, berlaku hanya untuk beberapa bagian kota.

Untuk di Paris, disebutkan bahwa mobil diesel yang teregistrasi sebelum 31 Desember 2000 akan dilarang masuk ke kota mode dunia tersebut.

Setidaknya sudah ada 15 kawasan di Paris termasuk di antaranya Lyon, Nice, Aix-Marseille dan Toulouse beberapa bulan lalu menandatangani kesepakatan untuk ikut menurunkan kadar emisi gas buang pada 2020. 

 
 

Bagikan

Tag

 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com