Omoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?

Omoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?

OTODRIVER - Sebuah insiden mobil menabrak pertokoan di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara, Minggu (21/4). Sebuah Chery Omoda E5 secara tiba-tiba berjalan dan menabrak tembok pertokoan dan diketahui pengemudinya adalah seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Dari kejadian ini, memang ada beberapa kemungkinan penyebab. Namun berdasarkan spekulasi kami, ada sistem baru pada Chery Omoda E5 yang mungkin banyak orang belum terbiasa.

Khususnya di mobil listrik keluaran Tiongkok yang mungkin menjadi salah satu penyebab terjadinya insiden ini, yakni mengaktifkan mobil tanpa perlu menekan tombol fisik Engine Start ataupun putaran anak kunci.

Tuas transmisi Chery Omoda E5

Pada Chery Omoda E5 ini, mengaktifkan mobil memang hanya perlu menekan pedal rem dengan kunci keyless berada di dalam kabin mobil tanpa perlu kontak sebuah tombol. Hal ini juga ditemukan di beberapa mobil keluaran asal Cina, seperti Wuling Air ev, Wuling BinguoEV, Neta V, hingga MG4 EV.

Dengan cara menyalakan mobil semudah itu, bisa saja banyak pihak yang tidak menyangka bahwa mobil berada di Ready Mode dan siap dijalankan. Belum lagi tuas transmisi Omoda E5 yang sangat mudah dijangkau, yakni di belakang lingkar kemudi.

Chery Omoda E5

Jika tidak sengaja menekan pedal rem dipadukan dengan transmisi ke posisi ‘D’ dengan menurunkannya ke bawah, mobil bisa langsung berjalan dengan sendirinya. Dan rupanya, ada satu fitur lagi yang absen pada Omoda E5, yakni Auto Release Parking Brake.

Pada mobil modern, umumnya untuk menjalankan mobil dengan keadaan Electric Parking Brake aktif, pengemudi diharuskan untuk mengenakan sabuk pengaman. Namun sedikit berbeda dengan Omoda E5, pada saat tes jangka panjangnya beberapa waktu silam, kami merasakan bahwa untuk menjalankan mobil ini dalam keadaan Parking Brake aktif, pengemudi tidak harus menggunakan sabuk pengaman.

Ilustrasi  Electric Parking Brake yang tidak rilis otomatis karena pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman

Beruntung kejadian ini tidak menelan korban. Dan saat artikel ini disusun, pihak pemilik mobil (dealer) dan juga keluarga anak yang menabrakkan mobil sudah selesai dengan cara kekeluargaan.

“Soal ini masalahnya sudah selesai secara kekeluargaan antara pihak terkait yaitu konsumen yg membawa anaknya, dealer dan tenant," ujar Rifkie Setiawan selaku Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia saat dihubungi oleh tim OtoDriver, Rabu (24/4)

Namun saat ditanyakan soal kehadiran fitur pengaman Auto Release Parking Brake yang dipadukan dengan sabuk pengaman, Rifkie belum merespons pertanyaan tersebut saat artikel ini disusun. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com