Rekam Jejak Sang Pionir Mesin Diesel Dunia di Isuzu Plaza

Rekam Jejak Sang Pionir Mesin Diesel Dunia di Isuzu Plaza

OTODRIVER - Isuzu yang merupakan salah satu perusahaan tertua di industri otomotif Jepang, terus menjadi pemain utama dalam industri otomotif di Jepang, dan menjadi pengembang mesin diesel terkemuka untuk kendaraan komersial dan angkutan penumpang di tingkat global hingga saat ini. 

Catatan sejarah ini dapat dilihat di Isuzu Plaza yang merupakan fasilitas museum khusus yang dibangun Isuzu pada April 2017. Berbagai model-model Isuzu yang ikonik dan bersejarah. Salah satu model paling menarik yang seakan menyambut para pengunjung adalah Wolseley CP Truck tahun 1924. Ini adalah truk tertua yang dirakit di Jepang, hasil kerjasama dengan perusahaan asal Inggris, Wolseley.

Wolseley CP Truck tahun 1924

Dipajang juga berbagai kendaraan, seperti Bus Sumida M 1932, Truk TX80 1948, Isuzu Elf TLD20 1963, sedan Isuzu Bellel 1961, Chevrolet Luv 1972, hingga Isuzu Gemini 1974. Model-model Isuzu terbaru juga menjadi ‘bintang’ di area museum Isuzu Plaza. Dipajang berbagai model seperti kendaraan ‘special rescue’, bus tandem Isuzu Erga, Isuzu Giga Tractor, heavy-duty truk Isuzu Giga Dumper, medium duty-truck Forward, light-duty truck Elf, dan D-Max. 

Sebagai rajanya diesel, tempat ini menunjukan supremasi Isuzu di teknologi mesin ini dari masa ke masa. Seperti mesin DL210, 4EE2-TC, 10TD1, 6BB1, 6SD1-TC, Sumida DA4, dan sebagainya lengkap beserta spesifikasi serta sejarahnya.

Mesin diesel Isuzu

Seiring berkembangnya teknologi, Isuzu terus mengadopsi mesin diesel modern untuk kendaraan-kendaraannya, termasuk yang dijual di Indonesia yang sudah berstandar common rail yang bertenaga namun tetap irit serta ramah lingkungan.

Sebut saja Isuzu Traga dengan mesin 4 silinder 4AJA1-CR yang dilengkapi VGT Turbo Intercooler. Lalu Isuzu Elf yang kini punya teknologi mesin Common Rail 4JJ1-TC, dan Isuzu Giga yang disematkan mesin heavy duty common rail 6HK1-TCN, keduanya telah dilengkapi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4.

"Namun sedikit berbeda dengan Isuzu pada era Isuzu Panther sebagai mobil passenger, Isuzu pada era kendaraan komersial fokus melahirkan kendaraan berserta solusi layanan yang menjadi mitra (partner) dalam perjalanan bisnis para konsumennya. Semangat ini Isuzu hadirkan melalui tagline Real Partner. Real Journey,” kata Communication Management Dept, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Puti Annisa Moeloek, Kamis (26/10).

Isuzu menggerakkan roda produksi berstandar tinggi, selalu berupaya menjalankan aktivitas produksi untuk menghasilkan produk yang unggul dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Produk yang ramah lingkungan mendukung kehidupan bumi agar tetap lestari.

Beragam lini produk Isuzu dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Commercial Vehicle (CV) dan Light Commercial Vehicle (LCV). CV terdiri dari medium pick up IsuzuTraga, light truck Isuzu Elf dan medium truck Isuzu Giga. 
Sedangkan dalam kategori LCV terdapat beberapa kendaraan yang ditawarkan, yaitu Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X. (GIN)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com