Terjadi Gempa saat Mengemudi Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

Terjadi Gempa saat Mengemudi Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

Setiap pengemudi wajib fokus saat berkendara guna keselamatan diri sendiri dan pengendara lain yang melintas. Namun, ketika kondisi bencana alam gempa bumi tak sedikit hilang konsentrasi dan panik. 

Lantas apa yang harus dilakukan ketika berada di kendaraan saat terjadi bencana alam gempa bumi seperti yang baru-baru ini terjadi di Cianjur Jawa Barat? Ternyata ada beberapa sikap yang harus dilakukan. 

"Sikap yang harus diambil itu berhenti apabila tidak yakin tetap berjalan, atau memahami langkah berjalan pelan untuk mengembalikan shock akibat panik," kata Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi OtoDriver.com baru-baru ini. 

Lebih lanjut Sony menyarankan ketika mengambil langkah untuk berhenti karena suasana tak kondusif, pengemudi wajib mencopot safety belt dan setelah kondisi terkontrol mencari tempat yang aman dan terbuka. 

"Setelah terkontrol cari tempat aman, dan segera evakuasi penumpang," tambahnya. 

Sony mengatakan pengemudi bisa mengambil sikap selanjutnya dengan melanjutkan perjalanan setelah benar yakin bahwa gempa sudah berhenti, dan merasa aman. 

"Langkah lain itu ketika berada di bantaran pantai bisa arahkan kendaraan ke dataran tinggi, dan cari dataran yang flat atau rata agar tetap aman," tutupnya. 

Jadi, pastikan Anda melakukan hal di atas ketika gempa bumi dan berada di dalam kendaraan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com