Catat! Ini Efek Busi Mobil Lama Tak Diganti

Catat! Ini Efek Busi Mobil Lama Tak Diganti

Meski memiliki bentuk yang tergolong kecil, busi sangat penting untuk setiap kendaraan. Sebab, agar terjadinya proses pembakaran maka dibutuhkan percikan api dari busi. 

Namun busi juga memiliki usia pakai yang artinya perfomanya akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Untuk itu penting mengganti busi di kilometer yang sudah diberitakan sebelumnya. 

Ternyata ada beberapa tanda bahwa busi sudah mengalami penurunan kinerja. Salah satunya bisa dilihat dari angka kandungan HC (Hidrokarbon) pada saat uji emisi kendaraan. 

"Tidak hanya melihat dari angka HC saja yang lebih tinggi, ada tanda lain dan efeknya. Seperti pengapian kurang maksimal," kata Mizan, Mekanik Toyota, kepada OtoDriver.com baru-baru ini. 

Mizan menuturkan ketika pengapian kurang maksimal karena perfoma busi sudah menurun, bisa menyebabkan mobil tidak langsam atau ketika dikendarai tarikan gas tak lancar. 

"Kalau kata orang mah bisa berebet seperti nggak langsam gitu," tambahnya. 

Tak hanya itu saja, Mizan mengatakan ada hal lain yang akan timbul ketika busi tak lama di ganti, yakni asap mobil membuat mata menjadi perih. 

"Sama di mata juga agak perih dan itu bisa terjadi karena busi," paparnya. 

Kondisi tersebut tentu tak direkomendasikan, sebab dapat mengganggu pengendara lain terutama roda dua, dimana dapat kehilangan konsentrasi. 

Jadi, beberapa efek di atas akan muncul ketika Anda tak rutin mengganti busi mobil. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com