Fitur Radar Canggih Untuk Melengkapi Tugas Pengendara, Bukan Untuk Disalahgunakan

Fitur Radar Canggih Untuk Melengkapi Tugas Pengendara, Bukan Untuk Disalahgunakan

Fitur keselamatan berbasis radar kini mulai banyak beredar di mobil-mobil yang ada di tanah air. Bahkan tidak hanya mobil premium, mobil-mobil entry level juga kini sudah mulai mengaplikasi fitur tersebut.

Ragam fitur ini biasanya terdiri dari Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Emergency Brake Assist, Lane Keep Control, dan lainnya. Pada dasarnya, sistem ini berfungsi untuk menunjang keamanan sang pengendara.

Tetapi beberapa waktu lalu, beredar sebuah video viral yang menampilkan pengendara Wuling Almaz RS sedang menikmati fitur radar dan cenderung menyalahgunakan fitur tersebut. Sang pengendara ini melakukan aksi makan dan tidur ketika lagi berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan tol.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menikmati fitur canggih tersebut?

“Ilmu safety driving mengatakan pahami kendaraan sampai dengan teknologi-teknologi canggihnya, setelah itu jangan kesampingkan resiko bahaya. Artinya selama ada kemudi, kendaraan tersebut harus terus terkontrol,” ujar Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (2/9).

Sony juga menjelaskan bahwa fitur ini bukan untuk mengabaikan tugas pengemudi melainkan untuk melengkapi tugas.

“Fitur radar diaktifkan hanya untuk melengkapi tugas dan kemampuan pengemudi, tidak untuk diabaikan,” tambah Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com