Komparasi Performa Mesin Honda HR-V Prestige VS Mitsubishi Eclipse Cross, Siapa Unggul?

Komparasi Performa Mesin Honda HR-V Prestige VS Mitsubishi Eclipse Cross, Siapa Unggul?

Persaingan SUV kompak di pasar tanah air semakin menarik untuk disimak. Apalagi tak hanya Honda HR-V yang menjadi primadona di kelas tersebut. Belakangan Eclipse Cross dari Mitsubishi mulai diminati konsumen perkotaan.

Menawarkan kelincahan berkendara dan performa mesin, baik Eclipse Cross maupun HR-V sama-sama nyaman dijadikan mobil harian.

Lantas dengan harga di atas Rp 400 jutaan, Honda memiliki HR-V Prestige yang dipersenjatai mesin 1.800 cc. Sedangkan Eclipse Cross justru memilki kapasitas mesin yang lebih kecil, yaitu 1.500 cc, namun dilengkapi dengan turbo.

Setelah kami lakukan performance review dari kedua mobil di rute dan kecepatan rata-rata yang sama, Honda HR-V mampu menghadirkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik, yaitu 11,5 km/liter di dalam kota, dan 18 km/liter di luar kota dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Sementara hasil berbeda dimiliki Eclipse Cross, yang tercatat memiliki konsumsi bahan bakar di dalam kota 9.4 km/liter dengan melaju rata-rata 22 km/jam, sementara hasil rute luar kota mendapatkan 15,2 k.

Jika dilihat dari hasil pengujian tersebut, maka Honda HR-V memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Lalu bagaimana dengan performa mesinnya?

Untuk mesin 1.800 cc HR-V, tenaga puncaknya ada di 139 ps dengan torsi 169 Nm. Dengan mesin tersebut, mobil ini dapat berlari 0-100 km/jam dalam catatan waktu 10,5 detik. Sedangkan mesin turbo milik Eclipse Cross memiliki tenaga sebesar 160 ps dengan torsi puncak 250 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam ditempuh dengan waktu 9,6 detik.

Dengan demikian untuk performa mesin, Eclipse Cross mencatatkan hasil yang lebih baik.

Secara keseluruhan, untuk konsumen yang membutuhkan SUV kompak dengan konsumsi bahan bakar yang baik, maka HR-V dapat dipertimbangkan. Sementara untuk yang mementingkan performa mesin serta kecepatan, Eclipse Cross dapat diunggulkan.

Honda HR-V Prestige yang kami coba, dibanderol Rp 415,7 juta. Sedangkan Eclipse Cross tipe Ultimate dijual Rp 489,65 juta.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com