FIRST DRIVE: Honda HR-V 2022

FIRST DRIVE: Honda HR-V 2022

Honda HR-V generasi terbaru merupakan salah satu model yang fenomenal di Indonesia. Bagaimana tidak, generasi terdahulunya adalah pemegang penjualan di segmennya.

Tentu di generasi terbarunya, tentu banyak sekali perubahan pada mobil ini yang benar-benar menyeluruh. Karena Anda semua sudah mengetahui seperti apa desainnya, kami langsung saja membahas bagaimana rasa berkendara mobil ini.

Adit

Saat menyandarkan badan di joknya, terasa posisi berkendara HR-V masih sangat menyenangkan. Setir bisa diatur secara teleskopik, jok bisa diatur tinggi, rendah, maju, dan mundur dengan leluasa meski masih secara manual bahkan untuk tipe tertingginya, yakni tipe RS sekalipun.

Kami mencoba tipe RS terlebih dahulu. Rasanya mobil ini mendapatkan improvement yang tidak menyisakan kekurangan dari tipe terdahulunya. Kekedapan kabin lebih baik, bantingan suspensi terasa baik dengan gejala body roll yang cukup minim tapi tetap terasa halus, serta tenaga mesin yang terasa buas.

Bahkan kami pun melakukan pengetesan drag race dengan jarak 402 m. Dikomparasikan dengan HR-V Prestige 1.8l generasi sebelumnya, catatan waktu HR-V RS jauh lebih baik. HR-V bermesin turbo ini sanggup mencatatkan waktu terbaiknya 16,874 detik sedangkan HR-V Prestige di angka 19,003 detik.

Kami juga mengetes HR-V tipe SE yang merupakan produk unggulan Honda saat ini karena memiliki harga yang kompetitif di kelasnya. Untuk bantingan tentu masih sama dengan tipe RS akan tetapi kami mengisi ruang kabinnya dengan 4 orang penumpang. Dan hasilnya, tidak ada gejala suspensi yang lemah sama sekali.

Untuk karakter mesinnya memang mungkin tidak terasa bertenaga layaknya HR-V tipe RS. Tetapi kami merasa performanya masih cukup mumpuni apalagi dibantu dengan girboks otomatik CVT terbaru-nya.

Tetapi, memang ada beberapa kelemahan yang kami temukan di mobil ini, seperti penutup panoramic sunroof yang dioperasikan secara manual dan kualitas audio yang biasa saja di semua varian HR-V.

Kesimpulan

Honda HR-V generasi terbaru memang menjadi ancaman di segmennya dengan segala kelebihannya. Selain desain yang berubah sangat menyeluruh, rasa berkendara serta fitur pada mobil ini juga benar-benar membaik dibandingkan generasi lawas. Tidak sampai disitu, pilihan trim HR-V juga cukup variatif.

Kelebihan

  1. Bantingan suspensi baik
  2. Fitur lengkap
  3. Performa mumpuni

Kekurangan

  1. Kualitas audio biasa saja untuk semua trim
  2. Penutup atap panoramic masih secara manual

Spesifikasi

Honda HR-V

Harga: Tipe RS: Rp 513,9 juta Tipe SE: Rp 403,1 juta

Kapasitas mesin: Tipe RS: 1.500 cc 4 silinder turbo, Tipe E: 1.500 cc 4 silinder NA

Tenaga maksimum: Tipe RS: 177 PS Tipe E: 121 PS

Torsi maksimum: Tipe RS: 240 Nm Tipe E: 145 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

Adit

adit

Adit

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com