First Drive: Kia Seltos

First Drive: Kia Seltos

Lewat sepekan Seltos meluncur di tanah air, PT Kreta Indo Artha yang merupakan agen pemegang merek (KIA) di Indonesia langsung memberikan kesempatan media nasional untuk menjajal ketangguhan compact SUV baru mereka.

Memilih tempat di PIK Avenue, Jakarta Utara, OtoDriver tak perlu menunggu waktu lama untuk mencoba Seltos di area Pantai Indah Kapuk. Sesaat masuk ke dalam kabin, kami langsung disuguhkan jok kulit berkontur lembut yang nyaman diduduki. Kemudian pengaturan kursi juga lengkap, sehingga memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan visibilitas yang baik.

 

Setelah mendapat setingan kursi yang sesuai, selanjutnya giliran mengatur setir yang dapat tilt dan telescopic, lalu spion juga bisa diatur secara elektrik, sehingga kami mendapatkan posisi mengemudi yang ideal.

 

 

Sayang sekali, kali ini kami tidak dapat menggali lebih dalam kemampuan Seltos, hal tersebut terkendala jalur pengujian menggunakan jalan umum dan jarak yang dibatasi, sehingga kami tak berhasil membuat Seltos melaju cepat. Padahal, Seltos hadir dengan jantung pacu yang tidak main-main. Mesin turbo berkapasitas 1.353 cc yang dimilikinya bahkan bertenaga sebesar 140 ps dengan torsi 242 Nm. Belum lagi didukung transmisi DCT 7 percepatan miliknya.

Meski demikian, kontur jalan bergelombang yang kami lalui, telah memberikan impresi bahwa penerapan suspensi MacPherson strut di bagian depan dan Coupled Torsion Beam di bagian belakang sukses meredam goncangan di dalam kabin. Terasa lembut, bahkan tetap membuat penumpang belakang terasa nyaman. 

Di pasar Indonesia Seltos memiliki dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 dan wheelbase mencapai 2.610 mm. Memang secara dimensi sedikit lebih besar ketimbang Hyundai Kona. Namun secara kelapangan kabin, baris kedua bukan tempat yang nyaman untuk para pemilik tubuh besar.

 

Kesimpulan

Yang dapat digaris bawahi dari pengujian kali ini, Seltos adalah sebuah SUV perkotaan yang lincah dan menawarkan kesenangan berkendara. Kemudian hadirnya fitur hiburan yang berpusat pada head unit berukuran 8 inci serta dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto juga membuat para pengemudi semakin nyaman. Lalu torsi yang besar dan lingkar kemudi yang ringan membuat mobil ini mudah bermanuver. Tak lupa fitur keselamatan juga banyak, termasuk 6 buah airbags, Electronic Stability Control dan Hill Assist Control.

Kelebihan

  1. Lincah dan menawarkan kesenangan berkendara
  2. Torsi terbesar di kelasnya
  3. Fitur hiburan dan konektifitas lengkap

Kekurangan

  1. Lokasi aftersales terbatas
  2. Kabin cenderung sempit

Spesifkasi

Kia Seltos

Harga:

Seltos E Rp 295 juta

Seltos EX Rp 320 juta

Seltos EX Plus Rp 355 juta

Tenaga maksimum: 140 ps

Torsi maksimum: 242 Nm

Transmisi : DCT 7-speed

Mesin: Kappa Dual CVVT 1.353 cc

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com