Opsi SUV 3 Atau 5 Pintu Bukan Hal Baru. Ini Deretan SUV Legendarisnya

Opsi SUV 3 Atau 5 Pintu Bukan Hal Baru. Ini Deretan SUV Legendarisnya

OTODRIVER - Kemunculan Suzuki Jimny 5-door menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pasar Indonesia. Model ini tak lain merupakan versi long wheelbase dari Jimny 3-door.

Kemunculan versi sasis panjang ini sebenarnya bukan hal baru dalam dunia SUV. Dan melihat dari rekam jejaknya, biasanya justru versi long wheelbase inilah yang kemudian jadi model yang lebih dominan dari segi penjualan.

Model yang masuk kategori menggunakan konsep sama dengan Jimny adalah SUV dengan jumlah pintu dan panjang wheelbase yang beda antara versi short wheelbase dan longwheelbasenya.

Berikut daftar SUV yang punya varian SWB dan LWB paling populer di dunia.

Mercedes-Benz G-Class

SUV ini pada awalnya merupakan kendaran militer yang dikembangkan Mercedes-Benz atas permintaan Syah Iran saat itu yakni Mohammad Reza Pahlavi.

Pada 1979, mulai ditawarkan kepada sipil sebagai kendaraan penjelajah serbaguna berpenggerak 4x4 dengan opsi SWB dan LWB.  

Sejauh ini G-Class punya beberapa model mulai dari W460, W461, W462, koW463 dan terakhir W464.

Pada perkembangannya, varian sasis panjang justru menjadi lebih dominan dalam hal penjualan baik itu untuk sipil maupun keperluan militer.

Mercedes-Benz All New G-Class

Land Rover Defender

Land Rover bisa dikatakan sebagai pelopor dikenalkannya versi 3 dan 5 pintu. Keberadaan opsi 5 pintu ini mulai muncul pada Series I di era 50-an.

Pilihan sasis panjang dan juga 5 pintu ini kemudian diteruskan pada Series II, IIA, III dan era Defender.

Dari segi popularitas, kembali versi 5 pintu menjadi yang paling diminati oleh pasar.

Bahkan versi militernya populasi varian 3 pintu sangat sedikit. Sebuah sumber mengatakan bahwa untuk Defender, varian 3 pintu hanya menggantongi kurang dari 10 persen saja.

Dalam perkembangannya Land Rover Defender kembali berkiprah dalam wujud SUV modern pada 2020 dengan desain dan teknologi yang sama sekali berbeda. Pada model berkode L663 ini, kembali opsi 3 dan 5 pintu dijajakan dan seperti yang sudah-sudah varian 5 pintu muncul sebagai model yang penjualannya lebih dominan.

Land Rover Defender Anniversary

Jeep JK Wrangler

Sebenarnya pilihan wheelbase pada Jeep bukan sesuatu yang benar-benar baru. Namun pada era Jeep JK Wrangler yang ditawarkan dengan opsi SUV 3 dan 5 pintu.

Muncul pertama kali pada 2007 dengan mengusung mesin V6 3.8 liter sebagai standar. Kemudian pada 2012, muncul mesin V6 3.6 liter Pentastar sebagai pengganti mesin lama.

Sepertinya varian LWBnya lebih sukses dalam meraup kepopuleran termasuk di Indonesia. Versi sasis panjang lebih disukai karena punya kemudahan mengakses baris kedua dan juga lebih punya bagasi yang lebih lapang.

Tongkat estafet JK Wrangler diteruskan oleh JL Wrangler yang hadir pada 2018

JK Wrangler LWB lebih populer dari versi SWB

Toyota Land Cruiser

Dalam sejarah panjang Toyota Land Cruiser, terdapat pilihan sasis panjang dan juga sasis pendek sejak era 40 Series. Namun yang muncul dengan varian panjang dengan formasi 5 pintu baru ada saat 70 Series muncul, tepatnya pada era Land Cruiser Prado pada 1990.

Opsi 3 dan 5 pintu ini diteruskan pada Prado 90, Prado 120 dan terakhir pada Prado 150 yang paripurna pada 2023 silam. Sedangkan pada penerusnya yakni Land Cruiser 250 versi 3 pintu tidak lagi diperkenalkan.

Uniknya opsi 3 dan 5 pintu ini tetap dipertahankan hingga sekarang pada Land Cruiser 70 Series Heavy Duty yang mulai mengenalkan opsi 5 pintu dengan kode 76 Series pada 2007.

Land Cruiser 5-door Heavy Duty Series

Nissan Patrol

SUV besutan Nissan pertama kali dikenalkan pada era 50-an dan mulai punya opsi long wheelbase pada akhir 50-an pada generasi kedua yakni 60 Model. Namun ia tak pernah ditawarkan dalam versi lima pintu.

Baru pada 1980 tepatnya pada model 160 opsi lima pintu hadir sebagai pilihan.

Pilihan 3 dan 5 pintu ini dilanjutkan pada model penerusnya yakni Y60 dan Y61. Sayangnya saat kiprah Y61 dihentikan dengan kemunculan Y62 di mana opsi 3 pintu tak lagi ditawarkan pada model baru ini.

Namun kemunculan Y62 tak lantas mematikan keberadaan Y61 secara permanen. Di beberapa kawasan keduanya ditawarkan secara bersebelahan, demikian juga dengan versi 3 pintunya yang juga tetap ditawarkan. Uniknya Y61 SWB justru lebih populer dibandingkan versi LWBnya. (SS) 

Nissan Patrol Y61 3 door (pic by Favcars.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com