Suzuki Jimny Long Hadir Tahun Ini?

Suzuki Jimny Long Hadir Tahun Ini?

Desas-desus tentang kehadiran Suzuki Jimny Generasi IV Long Wheel Base nampaknya tidak perlu menunggu waktu lama lagi. Seperti dilansir oleh indianautosblog, kabar burung semakin gencar bahwa Maruti-Suzuki selaku pembuat Jimny ‘panjang’ ini akan memperkenalkan di akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun 2022.

Lebih lanjut lagi SUV yang banyak digambarkan akan punya lima pintu ini akan kembali menyandang nama legendaris yakni Gypsy.

Sebagai penyegar ingatan, Maruti-Suzuki pernah menggunakan nama ini sebagai bentuk rebadge dari Suzuki Jimny Generasi II Long Wheelbase (LWB). Mobil ini mulai melantai di negeri martabak pada 1985 dan hanya tersedia dalam versi LWB saja.

Kiprahnya mandeg di 2017 silam alias setelah beredar 32 tahun. Dan produksinya berangsur mlempem lantaran minim fitur dan lambat berinovasi.

Kembali ke Generasi IV Jimny Long Wheelbase. Dari bocoran yang ada mobil ini punya panjang keseluruhan 3.850 mm atau 300mm lebih panjang dari versi short wheelbasenya. Sedangkan jarak sumbu LWB di angka 2.550mm alias lebih panjang 2.250mm dari versi yang sekarang sudah beredar.

Dari data yang ada, mobil yang diberi kode YWD ini sepertinya hanya akan diperpanjang bagian ‘perut’ atau bagian tengah antara roda depan dan belakang. Sedangkan tidak ada perubahan sama sekali pada bagian buritan.

Hal beda dengan ‘old’ Maruti-Gypsy yang selain punya wheelbase lebih mahal juga overhang lebih panjang di banding Jimny Gen II SWB.

Nampaknya Suzuki tidak akan melakukan perubahan apapun pada dapur pacunya. Mesin K15B 1.500 cc dengan cetakan 105PS dan torsi 130 Nm masih akan jadi andalan. Mesin tersebut akurkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Sedangkan sistem penggerak part-time 4x4 yang dilabeli sebagai AllGrip Pro khas Suzuki masih akan dipertahankan.

Selayaknya SUV modern, New Maruti Gypsy ini akan dijejali dengan fotur Hill Hold Control, Hill Descent Control, ABS, EBD, dan juga beberapa fitur lainnya.

Walaupun sudah muncul mule alias mobil prototipenya, namun Suzuki masih menutup rapat wujud dari pintu untuk penumpang belakangnya.

Markondez

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com