Fitur Canggih Bluelink di Hyundai Bisa Saja Gagal Dioperasikan, Ini Penyebabnya

Fitur Canggih Bluelink di Hyundai Bisa Saja Gagal Dioperasikan, Ini Penyebabnya

OTODRIVER - Bluelink merupakan sebuah fitur canggih yang dimiliki model-model modern Hyundai saat ini. Fitur tersebut memiliki banyak keunggulan, seperti menyalakan mobil dari jauh, mendinginkan kabin, mengetahui lokasi mobil hingga memantau posisi mobil ketika digunakan.

Meski demikian, namanya fitur tentu tidak selamanya fungsinya berjalan dengan mulus. Tentu ada beberapa faktor yang akan menghambat fitur ini dapat berfungsi dengan semestinya.

Di sela-sela media tes drive Hyundai dari Jakarta-Bali bersama Ioniq 5 dan Ioniq 6, Aftersales Service Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Ridwan Arifin mengatakan bahwa fitur Bluelink pada mobil Hyundai bisa saja gagal menjalankan sebuah perintah. Menurutnya, fitur Bluelink dapat dioperasikan dengan baik apabila koneksi dalam kondisi bagus.

"Jadi selama dia coverage areanya baik, itu enggak ada masalah untuk melakukan remote service atau pengecekan status, dan lainnya. Karena mobil tersebut secara real time terhubung dengan server aplikasi," kata Ridwan.

Terkait kegagalan Bluelink menjalan perintah, menurut Ridwan, ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Faktor pertama yang jelas dapat menggagalkan perintah di Bluelink adalah sinyal atau koneksi. "Jaringan di keduanya, di kendaraan maupun di smartphone si pengguna," ujarnya.

Kemudian, untuk fitur Bluelink di mobil ICE (Internal Combustion Engine) Hyundai, kegagalan menjalankan perintah ini dipengaruhi kondisi pre-condition. Misalnya, kondisi mobil yang pintunya belum tertutup atau ada jendela yang masih terbuka.

"Misalnya kita mau menyalakan kendaraan dari jarak jauh, terkadang pre-condition itu diperlukan, dia harus mengecek dulu, apakah pintunya tertutup atau posisi mobil ada jendela terbuka atau tidak, terkadang itu suka terlewat," jelas Arifin.

Faktor terakhir adalah kondisi mobil yang masuk dalam mode tidur atau sleep mode. Ridwan menjelaskan bahwa sleep mode bisa secara otomatis hidup di mobil listrik Hyundai, apabila mobil tersebut tidak digunakan dalam waktu tujuh hari.

"Karena Bluelink membutuhkan komunikasi terus-menerus pada kendaraan, itu pasti akan menggunakan daya dari baterai kecil atau aki. Jadi, nanti si pengguna diarahkan untuk menyalakan kendaraan dulu kurang lebih 10 menit supaya nanti baterainya terisi dulu," ucapnya. (AB).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com