Pengemudi Wajib Tahu, Lakukan Hal Ini Agar Tak Mengantuk Selama Perjalanan

Pengemudi Wajib Tahu, Lakukan Hal Ini Agar Tak Mengantuk Selama Perjalanan

Mengisi waktu libur tak sedikit keluarga yang berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh, setidaknya untuk melepas penak sesaat ke tempat wisata. 

Namun banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan, salah satunya harus dalam kondisi prima terutama bagi pengemudi. Tujuannya agar tidak mengantuk selama perjalanan. 

Penting diketahui ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa kantuk datang selama perjalanan. Lantas apa saja? 

"Kantuk datang akibat kurang tidur, otak jenuh, aktifitas monoton dan sirkulasi darah terhambat," kata pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi OtoDriver. 

Untuk menghindari mengantuk saat berkendara Sony menyarankan untuk tetap dalam kondisi prima, dengan cara tidur yang cukup sebelum perjalanan. 

"Pastikan mengemudi hanya tiga jam maksimal diselingi dengan istirahat dan melakukan komentari driving selama perjalanan," ujarnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan terutama bagi pengemudi yang melakukan long trip, dimana istirahat sangat penting untuk memaksimalkan fokus pengemudi. 

"Lakukan sesi istirahat 15 menit yang terbagi menjadi tiga bagian. 5 menit pertama untuk refresh otot atau stretching, lima menit kedua itu refresh saraf termasuk pengelihatan, penciuman dan pendengaran, dan yang terakhir itu refresh otak atau meditasi," tungkasnya. 

Jadi, pastikan lakukan hal di atas agar tak mengantuk saat mengisi waktu libur membawa mobil bersama keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com