KIA Suntik Mati Sedan Legendarisnya, Apa Penyebabnya?

Konsumen mulai beralih ke SUV, oleh karena itu beberapa produsen mulai meninggalkan produksi sedan yang penjualannya semakin menurun.
Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 25 Desember 2022 10:00 WIB
Berita - KIA Suntik Mati Sedan Legendarisnya, Apa Penyebabnya?
Bagikan ke:

Sepertinya model sedan cepat atau lambat bakal segera ditinggalkan para produsen otomotif. Melihat pangsa pasar yang sudah tidak besar dan kecenderungan konsumen saat ini lebih memilih SUV ketimbang sedan.

Yang terbaru, KIA sudah lebih dulu mengosongkan pabrik mereka dari produksi sedan. Padahal seperti kita ketahui, produsen asal Korea Selatan memiliki line up Stinger yang cukup fenomenal dan laris di Eropa.

Seperti dilansir Drive, mobil berjenis sedan sport ini diberhentikan produksi lantaran penjualan di negara-negara mengalami kurang baik. Namun, sebelum mobil ini benar-benar mengakhiri siklus hidupnya, perusahaan kabarnya akan menghadirkan Tribute Edition.

Versi terakhir dari model tersebut akan diproduksi secara terbatas yakni hanya sebanyak 1.000 unit ke pasar otomotif global.

Foto - KIA Suntik Mati Sedan Legendarisnya, Apa Penyebabnya?

Hal itu dilakukan para konsumen loyal mereka yang masih menginginkan mobil sedan dari perusahaan. Untuk menggoda para konsumen lewat edisi terbatas ini, pabrikan telah memberikan perbedaan secara visual, terutama di bagian eksterior. Mereka menghadirkan tampilan skema warna Ascot Green yang lebih menawan.

Sorotan lainnya, Tribute Edition ini disematkan beberapa komponen di antaranya kaca spion samping, kaliper rem Brembo, dan pelek 19 inci. Semua bagian tersebut menggunakan warna hitam glos yang membuat semakin elegan. Bicara soal performa, mobil sedan ini mengusung mesin V6 twin-turbocharged yang berkapasitas 3,3 liter. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 368 HP dan torsi puncak 509 Nm. Tenaga itu bisa melesat dari posisi diam hingga 100 Km/jam hanya dengan waktu 4,6 detik.

Sekedar informasi, Kia belum menginformasikan lebih lanjut kapan edisi Tribute Edition mulai dijual ke konsumen. Namun, dapat dipastikan edisi tersebut adalah yang terakhir dari model ini untuk dipasarkan di industri otomotif.

#kia #stinger

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.