Era Nir Kartu. Masuk Tol Dengan Tiga Cara Ini

Era Nir Kartu. Masuk Tol Dengan Tiga Cara Ini

Perubahan signifikan dalam hal pembayaran tol akan terjadi pada tahun ini. Indonesiaakan menerapan sistem pembayaran tol tanpa berhenti. Untuk mendukung hal tersebut, transaksi tol akan memanfaatkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dikutip dari situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pembayaran tanpa henti di tol ini diklaim mampu menghemat 10 detik untuk tiap transaksi yang terjadi dengan cara konvensional, tapping dengan kartu.

Rencananya cara baru ini akan diterapkan secara bertahap di seluruh ruas jalan tol mulai akhir tahun ini.

Seperti apakah perangkat yang diperlukan untuk mengakses tol tanpa kartu? Ternyata ada tiga cara yang nantinya bisa digunakan untuk mengakses jalan tol.

Baca juga : Awal Kepunahan Kartu E-Toll Akan Terjadi Akhir Tahun Ini. Transaksi Toll Nir Kartu Mulai Digunakan

E-OBU

Electronic on board unit atau E-OBU merupakan yang direkomendasikan bagi yang memiliki smartphone dan jarang bertukar kendaraan dengan orang lain. Artinya, kamu yang bepergian sehari-hari dengan satu mobil bisa menggunakan sistem pembayaran E-OBU ini.

Setiap kendaraan yang hendak memasuki jalan tol harus sudah terdaftar dalam sistem, baik data kendaraan maupun pengguna. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi MLFF yang bisa diunduh dari ponsel.

Pengguna bisa memilih metode pembayaran setelah melakukan registrasi. Sistem ini nantinya bisa terintegerasi dengan berbagai pembayaran. Setelah melakukan registrasi pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi E-OBU hanya dengan menekan tombol mulai. E-OBU akan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis.

OBU

Cara kedua adalah On board unit atau OBU. Metode OBU direkomendasikan untuk kendaraan yang sering digunakan dengan pengemudi yang berbeda.

Sistem ini  menggunakan perangkat OBU harus dibeli terlebih dulu dan mendaftarkan kendaraan

Perangkat OBU berfungsi dengan cara yang sama seperti E-OBU, yakni dengan mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS dan saldo akan terpotong secara otomatis sesuai dengan tarifnya.

Electronic Route Ticket

Cara ketiga dengan menggunakan Electronic Route Ticket. Cara ini direkomendasikan bagi kamu yang jarang bepergian menggunakan jalan tol.

Kamu dapat membeli Electronic Route Ticket sekali pakai di situs resmi atau aplikasi MLFF. Dengan cara ini, kamu harus memasukkan titik masuk dan keluar tol.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com