Berkat MLFF Bayar Tol Tak Perlu Lagi Berhenti, Apa Itu?

Berkat MLFF Bayar Tol Tak Perlu Lagi Berhenti, Apa Itu?

Sistem bayar tol tanpa berhenti atau disebut Multi Lane Free Flow (MLFF) akan segera terealisasikan.

Pasalnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), mengatakan tol nirsentuh tersebut akan diterapkan mulai Desember 2022.

Aplikasi MLFF sendiri akan dirilis kepada masyarakat pada Juli 2022, lalu akan digelar sosialisasi secara masif. Pilot project MLFF digelar pada kuartal III tahun 2022, hingga Desember 2022 sudah bisa dilaksanakan.

"Target kami (MLFF) akan diimplementasikan mulai Desember 2022," ujar Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo, seperti dilansir dari Antara.

"Tahapan menuju penerapan MLFF ini dilakukan beberapa tahap, kita tidak akan langsung membuka seluruh gerbang tol, namun kita mencoba untuk tetap menggunakan gerbang-gerbang tol yang eksisting untuk digunakan sebagai transaksi free flow atau kita sebut Single Lane Free Flow (SLFF) untuk tahapan piloting-nya nanti," tambahnya.

Paling lambat penerapan MLFF secara keseluruhan ini menurut Galuh adalah September 2023. Untuk awal, sistem tol nirsentuh ini akan di mulai pada ruas-ruas tol di sekitar kawasan Jabodetabek.

"Terkait berapa ruas tol yang akan diimplementasikan mungkin sampai saat ini kami masih melakukan exercise, cuma memang terdapat beberapa kriteria nanti yang akan kita terapkan tapi tentunya dengan mempertimbangkan beberapa hal. Kemungkinan pada tahap awal nanti kita akan coba lakukan yang paling mendekati kriteria adalah sekitar Jabodetabek," kata Galuh.

"Kita ingin nanti pengguna tol di sekitar wilayah yang akan diberlakukan sistem transaksi tol nirsentuh juga siap, sehingga risiko terjadinya pelanggaran akan semakin kecil," jelasnya.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com