Seperti Ini Teknologi Transaksi Tol Nirsentuh, Sudah Ada Di Eropa

Seperti Ini Teknologi Transaksi Tol Nirsentuh, Sudah Ada Di Eropa

Teknologi pembayaran tol secara nontunai sudah sukses diberlakukan di Indonesia. Hal tersebut sukses memangkas waktu transaksi pembayaran tol. Dan kini teknologi baru, yakni nirsentuh (touchless) disiapkan agar waktu transaksi makin efisien.

Bahkan penerapan waktu transaksi nirsentuh di gerbang tol diklaim hanya 0 detik dari kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik sebelumnya yang memakan waktu hingga sekitar 4 detik. Juga tentu lebih singkat dari waktu transaksi dengan uang tunai yang sekitar 10 detik lamanya.

Teknologi yang diterapkan pada Sistem Transaksi Nontunai MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu merupakan sistem pembayaran menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit.

Sistem tersebut akan mengenali dan mengidentifikasi kendaraan pengguna. Sehingga transaksi dapat dilakukan secara langsung, lebih cepat, dan efisien, tanpa antrean dan tundaan transaksi.

Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria. Manfaat lain dari kehadiran sistem transaksi MLFF ini yaitu salah satunya adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan.

"Sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) ini menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektifitas, aman, dan nyaman," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit dalam rilis resminya.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com