Pilih Toyota Avanza Bekas Atau Calya Baru?

Pilih Toyota Avanza Bekas Atau Calya Baru?

Toyota Calya dan Avanza bisa dibilang merupakan MPV yang berbeda satu tingkat secara segmen. Calya berada di segmen LCGC dan Avanza masuk di segmen LMPV. Karena beda segemen, tentu harganya juga beda. Walau keduanya sama-sama bisa angkut 7 penumpang dengan sangat baik.

Secara kasta, jelas Toyota menunjukkan bahwa Avanza lebih tinggi berdasarkan spesifikasi dan harganya. Saat ini Calya berada di rentang harga Rp 138,15 juta hingga paling mahalnya di Rp 155,7 juta. Sedangkan harga Avanza baru memang lumayan jauh perbedaannya karena paling murah saja dibanderol Rp 191 juta.

 

Tapi lain halnya jika dalam kondisi bekas karena dengan kondisi mulus dan tahun muda bisa didapat di rentang Rp 140 sampai Rp 170 jutaan.

Jika ditanya 'pilihan mana yang lebih baik antara Toyota Calya baru dengan Toyota Avanza bekas dengan kondisi mulus dan tahun muda?', OtoDriver sepakat lebih memilih Avanza bekas lebih baik dari Calya keluaran baru.

Ada sejumlah alasan Avanza bekas masih lebih baik dari Calya baru. Pertama adalah jelas kualitasnya karena Avanza berada satu kelas di atas Calya yang ada di dalam skema LCGC. 

Mobil LCGC jelas mengalami berbagai hal penyesuaian agar harganya bisa ditekan sesuai dengan aturan pemerintah. Berbeda dengan Avanza yang tidak berada di dalam aturan tersebut sehingga diyakini MPV ini lebih serius digarap pengembangan serta produksinya.

Selain itu, secara spesifikasi sudah jelas. Mulai dari mesinnya, Avanza punya kapasitas dan tenaga lebih besar yaitu unit mesin 1.300 cc empat silinder dual VVTi bertenaga 96,5 ps dan torsi puncak 120 Nm. Sedangkan Calya hanya unit 1.200 cc empat silinder yang hanya bertenaga 88 PS dan torsi 107,8 Nm. 

Begitu juga dengan dimensi, Avanza memang lebih besar sehingga membuat kabinnya pun lebih luas. Dilihat spesifikasinya di atas kertas, Avanza jelas memiliki dimensi bodi yang besar dan jarak sumbu roda yang lebih melar dari Calya. Ini sudah menjadi nilai tambah bagi Avanza karena akan membuat penumpang lebih nyaman serta kapasitas bagasi yang lebih besar. 

 

Soal fitur keselamatan, keduanya memang mirip. Ada dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik.

Tapi semuanya kembali kepada Anda. Apabila Anda termasuk orang yang harus membeli baru dan budget tersebut, tidak ada salahnya Anda membeli Calya baru. Namun mobil bekas Avanza dengan kondisi mulus yang mudah dicari tentu juga menjadi pilihan bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com