Teknologi Baru VW Memungkinkan Antar-Mobil Saling Berinteraksi

Teknologi Baru VW Memungkinkan Antar-Mobil Saling Berinteraksi

Volkswagen baru saja melhairkan sebuah teknologi baru dalam hal keselamatan. Teknologinya ini memungkinkan setiap mobil mendapatkan saluran komunikasi antara satu mobil dengan lainnya, atau dengan transportasi umum.

Menurut yang diberitakan Paultan, fitur ini memanfaatkan konektivitas nirkabel bernama pWLAN yang secara independen akan berbagi informasi dengan kendaraan lain mengenai kondisi lalu lintas.

 

 

Informasi itu meliputi kondisi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, kantor polisi terdekat, petugas medis, dan segala hal kondisi jalan yang akan dilalui oleh setiap mobil yang memiliki teknologi ini. Pertukaran informasi ini hanya dapat dilakukan oleh setiap kendaraaan yang jaraknya tidak lebih dari 500 meter.

"Kami ingin meningkatkan keselamatan di jalan dengan jaringan kendaraan. Cara paling efektif dan efisien adalah dengan meluncurkan teknologi yang sudah umum digunakan, yang terpenting teknologi ini diterapkan secara konsisten dan dipasang oleh banyak produsen," Johannes Neft selaku Head of Vehicle Body Development Volkswagen.

Kemungkinan besar teknologi ini akan mulai diterapkan pada 2019 mendatang di Eropa. Volkswagen menggandeng beberapa merek mobil, dinas kepolisian, serta pihak yang mengatur urusan transportasi. 

Pihak Volkswagen berjanji bahwa teknologinya ini akan dibuat sangat efisien, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu lagi mengeluarkan uang saat menggunakan jaringannya.

Apakah sistem ini bisa diterapkan di Indonesia? Tentu bisa bila infrastruktur kita sudah memadai. Sayangnya sekarang masih jauh dari memadai untuk sistem yang membutuhkan koordinasi dan konektivitas kuat ini.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com