Terjadi Gempa saat Mengemudi Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

 Afrizal Abdul Rahman    26 November, 2022
Tips

Setiap pengemudi wajib fokus saat berkendara guna keselamatan diri sendiri dan pengendara lain yang melintas. Namun, ketika kondisi bencana alam gempa bumi tak sedikit hilang konsentrasi dan panik. 

Lantas apa yang harus dilakukan ketika berada di kendaraan saat terjadi bencana alam gempa bumi seperti yang baru-baru ini terjadi di Cianjur Jawa Barat? Ternyata ada beberapa sikap yang harus dilakukan. 

"Sikap yang harus diambil itu berhenti apabila tidak yakin tetap berjalan, atau memahami langkah berjalan pelan untuk mengembalikan shock akibat panik," kata Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi OtoDriver.com baru-baru ini. 

Lebih lanjut Sony menyarankan ketika mengambil langkah untuk berhenti karena suasana tak kondusif, pengemudi wajib mencopot safety belt dan setelah kondisi terkontrol mencari tempat yang aman dan terbuka. 

"Setelah terkontrol cari tempat aman, dan segera evakuasi penumpang," tambahnya. 

Sony mengatakan pengemudi bisa mengambil sikap selanjutnya dengan melanjutkan perjalanan setelah benar yakin bahwa gempa sudah berhenti, dan merasa aman. 

"Langkah lain itu ketika berada di bantaran pantai bisa arahkan kendaraan ke dataran tinggi, dan cari dataran yang flat atau rata agar tetap aman," tutupnya. 

Jadi, pastikan Anda melakukan hal di atas ketika gempa bumi dan berada di dalam kendaraan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaPolres Cianjur: Hindari Jalur Jonggol-Puncak II Saat Malam Hari08 April 2024Tips5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengemudi Dalam Kondisi Hujan Lebat07 January 2024BeritaPerpanjang SIM Bisa Online, Berikut Dokumen Yang Disiapkan05 September 2023TipsGempa Saat Berkendara, Hal Ini Yang Harus Dilakukan02 July 2023

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Berita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 24 menit laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien6 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China7 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20248 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak9 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri21 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari lalu