Terjadi Gempa saat Mengemudi Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

 Afrizal Abdul Rahman    26 November, 2022
Tips

Setiap pengemudi wajib fokus saat berkendara guna keselamatan diri sendiri dan pengendara lain yang melintas. Namun, ketika kondisi bencana alam gempa bumi tak sedikit hilang konsentrasi dan panik. 

Lantas apa yang harus dilakukan ketika berada di kendaraan saat terjadi bencana alam gempa bumi seperti yang baru-baru ini terjadi di Cianjur Jawa Barat? Ternyata ada beberapa sikap yang harus dilakukan. 

"Sikap yang harus diambil itu berhenti apabila tidak yakin tetap berjalan, atau memahami langkah berjalan pelan untuk mengembalikan shock akibat panik," kata Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, saat dihubungi OtoDriver.com baru-baru ini. 

Lebih lanjut Sony menyarankan ketika mengambil langkah untuk berhenti karena suasana tak kondusif, pengemudi wajib mencopot safety belt dan setelah kondisi terkontrol mencari tempat yang aman dan terbuka. 

"Setelah terkontrol cari tempat aman, dan segera evakuasi penumpang," tambahnya. 

Sony mengatakan pengemudi bisa mengambil sikap selanjutnya dengan melanjutkan perjalanan setelah benar yakin bahwa gempa sudah berhenti, dan merasa aman. 

"Langkah lain itu ketika berada di bantaran pantai bisa arahkan kendaraan ke dataran tinggi, dan cari dataran yang flat atau rata agar tetap aman," tutupnya. 

Jadi, pastikan Anda melakukan hal di atas ketika gempa bumi dan berada di dalam kendaraan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsJangan Diulang, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Buat Kopling Cepat Aus24 December 2022BeritaJangan Sembarangan! Penggunaan Klakson Punya Aturan Loh06 December 2022BeritaKagama 4x4 Adventure Galang dan Serahkan Bantuan Untuk Gempa Cianjur 03 December 2022BeritaCatat ini Dokumen untuk Klaim Asuransi Akibat Bencana Alam Gempa Bumi28 November 2022

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan4 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)10 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia12 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam lalu