Beli Mobil Listrik Dapat Diskon PPN Jadi 1 Persen

 Gemilang Isromi Nuar    21 March, 2023
Berita

Demi mendorong tingkat penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) untuk mobil listrik di mana mendapat potongan sebesar 1 persen, dari sebelumnya 10 persen.

“Untuk meningkatkan minat masyarakat atas kendaraan listrik, pemerintah memberikan insentif PPN sebesar 10 persen sehingga PPN yang harus dibayar hanya 1 persen,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers mengenai bantuan pemerintah dan insentif fiskal untuk KBLBB yang disiarkan melalu Youtube Kementerian Maritim dan Investasi di Jakarta, Senin (20/3). 

Namun tidak semua mobil listrik yang dapat potongan PPN, hanya mobil listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen yang bisa.

"Dengan TKDN di atas 40% mengikuti program Kemenperin (Kementerian Perindustrian) yang diberikan insentif PPN," paparnya.

Memang saat ini hanya dua produsen mobil yang menerima bantuan subsidi kendaraan listrik dari pemerintah, yaitu Hyundai dengan Ioniq 5 dan Wuling bersama Air ev. Tetapi melalui kabar terbaru yang disampaikan Menteri Koordinator bidan Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kelak pasti tak hanya dua brand tersebut yang dapat.

"Nggak hanya Wuling dan Hyundai, nantinya semua dapat subsidi. Saat ini sudah ada dua perusahaan besar lainnya yang akan dapat subsidi, tapi saya belum mau mention namanya," kata Luhut usai acara Indonesia Leading Economic Forum 2023, Jakarta, Selasa (14/3).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluMobil ListrikKelabakan Bersaing Dengan EV China, Tesla Kembali Turunkan Harga Beberapa Model3 hari laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik18 April 2024BeritaMercedes-Benz Tarik Kembali 7000-an SUV Mereka di Australia, Bagaimana Dengan di Indonesia?16 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
Mudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera

Berita Terbaru

BeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual12 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih13 jam laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia15 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)16 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun18 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?1 hari laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari lalu