Tidak Seperti Motor, Bantuan Mobil Listrik Diundur 1 April 2023

 Gemilang Isromi Nuar    21 March, 2023
Berita

Dalam pengumuman kebijakan bantuan subsidi terbaru yang diberikan pemerintah, untuk pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) mobil dan bus akan disampaikan pada 1 April 2023. 

“Selanjutnya untuk KBLBB roda empat ke atas, termasuk bus, program yang kami sebut sebagai insentif fiskal akan diumumkan peluncuran kebijakannya tepat pada 1 April. Saat ini proses finalisasi tengah kami rampungkan bersama,” kata Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers mengenai bantuan pemerintah dan insentif fiskal untuk KBLBB yang disiarkan melalui Youtube Kementerian Maritim dan Investasi di Jakarta, Senin (20/3).

Luhut juga menambahkan, pemberian bantuan subsidi kendaraan listrik ditujukan agar harga kendaraan listrik lebih terjangkau. Perlu diketahui, harga mobil listrik saat ini masih  terhitung mahal.

"Maka dari itu kami memberikan bantuan insentif fiskal untuk meningkat terutama bagi mereka yang belum mampu beli KBLBB dengan harga penuh," tambah Luhut.

Sebelumnya pada pengumuman pertama, pemerintah akan memberikan subsidi kendaraan listrik mulai 20 Maret tahun ini. Namun, kebijakan program bantuan pemerintah KBLBB baru hanya untuk roda dua baik motor baru maupun motor konversi sudah dapat diluncurkan.

Dalam bantuan subsidi sendiri, terdapat dua produsen mobil yang menerimanya, yaitu Hyundai dengan Ioniq 5 dan Wuling bersama Air ev. Bukan tanpa alasan kenapa hanya dua model itu yang saat ini mendapat subsidi. Sebab, motor maupun mobil listrik yang mendapat bantuan pemerintah itu harus diproduksi di Indonesia dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%.

"Untuk kendaraan roda empat atau mobil sekarang ada 2 produsen Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev itu kami usulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan yang sudah melakukan produksi di dalam negeri," papar Agus dalam konfersi pers Bantuan Subsidi Kendaraan listrik yang disiarkan secara daring, Senin (6/3).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluMobil ListrikKelabakan Bersaing Dengan EV China, Tesla Kembali Turunkan Harga Beberapa Model3 hari laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik18 April 2024BeritaMercedes-Benz Tarik Kembali 7000-an SUV Mereka di Australia, Bagaimana Dengan di Indonesia?16 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
Mudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera

Berita Terbaru

BeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual4 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih5 jam laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia7 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)8 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun10 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?1 hari laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari lalu