Penyebab AC Mobil Bau, Apa Saja?

Penyebab AC Mobil Bau, Apa Saja?

Pernahkah Anda merasakan AC mobil mengeluarkan aroma bau yang tak sedap? Tentunya kondisi ini sangat membuat tidak nyaman ketika berkendara. 

Banyak penyebab umum yang membuat AC mobil Anda mengeluarkan aroma bau. Untuk itu degan mengetahui penyebabnya Anda bisa mengambil berbagai langkah strategis agar AC kembali normal. 

Lantas apa saja penyebab? Berikut penjelasannya dikutip dari laman AutoCenter, Senin (25/7). 

Kurangnya penggunaan

Mobil Anda sering berada di bagasi? Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab AC mengeluarkan bau yang tak sedap. Hal tersebut bisa terjadi karena kotoran dan bakteri menumpuk pada sistem. 

"Penyebab umumnya itu karena kotor, dan servis menjadi solusi. Nanti akan dibersihkan bagian blowernya juga untuk menghilangkan kotoran," kata Rezza Suwandi Owner Wijaya Ac Mobil Sunter, saat dihubungi OtoDriver. 

Filter udara kotor

Bau yang dikeluarkan oleh AC bisa terjadi karena filter udara yang kotor. Apalagi bagi Anda yang rutin menggunakan mobil untuk menemani rutinitas setiap harinya. 

Melakukan pembersihan AC secara teratur bisa menjadi salah satu jalan keluar, atau mengganti filter AC ketika ditemukan masalah lain atau sudah tak layak pakai. 

Makan dan merokok

Mengonsumsi makanan di dalam mobil sudah menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan. Namun perlu diketahui kebiasaan tersebut bisa menyebabkan AC mengeluarkan aroma yang tak sedap.

Sebab, partikel dari makanan dan asap rokok akan menempel pada beberapa bagian, seperti jok, karpet hingga dashboard mobil. 

"Penyebab lainya kebiasaan makan di dalam mobil dan merokok membuat AC mengeluarkan aroma bau," tambahnya. 

Tetapi tenang saja, untuk mencegah AC mobil mengeluarkan aroma tak sedap ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, seperti menggunakan secara teratur, termasuk disesuaikan dengan cuaca. Dimana, ketika cuaca sedang dingin bisa berhenti menggunakan AC dan hanya saat cuaca panas, tujuannya agar tidak merogoh kocek yang dalam untuk melakukan servis AC. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com