Minat Beli Suzuki Ignis, Butuh Biaya Perawatan Seberapa Besar?

Minat Beli Suzuki Ignis, Butuh Biaya Perawatan Seberapa Besar?

Dengan desain yang terbilang gagah di segmen citycar, Suzuki Ignis bisa jadi alternatif bagi Anda yang bosan akan LCGC. Menariknya, biaya perawatan dan kepemilikan Ignis cukup terjangkau.

Hal ini seperti dijelaskan dalam breakdown yang diumumkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Dalam perhitungannya, didapat estimasi biaya Rp 53.497 per hari untuk perawatan dan kepemilikan mobil seharga Rp 175,5-204,5 juta ini.

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah Biaya Perawatan Berkala, Biaya Pajak, serta Biaya Bahan Bakar Kendaraan.

“Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menjabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis yang sangat terjangkau Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT SIS.

Biaya Perawatan Berkala

Estimasi biaya servis atau perawatan berkala New Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp7.877.300 atau Rp7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut juga sudah termasuk program gratis biaya jasa pada servis 1.000 km – 50.000 km.

Biaya Pajak dan Bahan Bakar

Bukan hanya mempersiapkan biaya perawatan rutin secara berkala saja, namun untuk kepemilikan New Ignis atau jenis mobil lainnya, konsumen juga harus menyiapkan pajak tahunan.

Untuk estimasi ini menggunakan pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaran Rp2.940.000 per tahun atau Rp8.054 per hari.

Selain biaya servis dan biaya pajak tahunan, konsumen juga perlu memperhatikan biaya bahan bakar yang diperlukan. Pada estimasi ini menggunakan konsumsi bahan bakar mobil secara rata-rata yaitu 10 km per liter.

Baca Juga: Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, Sodorkan Tampilan Sangar Dan Lebih Memanjakan Kuping

Apabila dalam 1 hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km, maka ia akan menghabiskan 5 liter bensin. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini (Rp7.650), biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp38.250 per harinya.

Biaya Kepemilikan New Ignis

Dengan menghitung variabel sebelumnya, yaitu: Biaya Perawatan Berkala + Biaya Pajak Tahunan + Biaya Konsumsi Bahan Bakar:  Rp7.193 + Rp8.054 + Rp38.250 = Rp53.497 / hari (hingga 3 tahun)

Namun angka tersebut tergantung pada pemakaian konsumen. Semisal jarak tempuh per hari yang berpengaruh ke konsumsi bensin. Atau ongkos tol. Serta diluar biaya tak terduga seperti terjadinya kecelakaan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com