Musim Hujan, Ingat Wiper Blade Harus Dijaga Kebersihan Serta Kelembabannya

Musim Hujan, Ingat Wiper Blade Harus Dijaga Kebersihan Serta Kelembabannya

Meski bulan Juni bisa dipastikan merupakan musim kemarau di Indonesia, namun kota Jakarta dan sekitarnya masih kerap diguyur hujan setiap harinya. Tentu hal ini diperlukan sedikit penyesuaian, terutama pada mobil.

Berbagai hal harus diperhatikan, salah satunya adalah wiper blade. Komponen ini harus diperhatikan kondisinya karena memiliki peranan penting dalam menyeka air kaca depan.

Dede salah satu mekanik aksesoris onderdil mobil di kawasan Blok M Jakarta Selatan menjelaskan bahwa Selain mengganti secara berkala, wiper blade harus dijaga kebersihannya.

“Karet blade harus dijaga kebersihannya, sehingga debu yang menempel dan berpeluang untuk membuat goresan pada kaca dapat diminimalisir,” ujarnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver (23/6).

Adapun tata cara pembersihan karet wiper cukup sederhana dan hanya membutuhkan barang-barang yang ada di rumah. “Caranya dengan mengusap permukaan blade menggunakan kanebo setiap hari, sebelum mobil dikendarai,” sambung Dede.

Lebih jauh lagi, Dede mengatakan bahwa untuk menjaga kelembaban karet, seka dengan minyak zaitun seminggu sekali. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan tissue.  

Selain minyak zaitun, bisa juga menggunakan bahan lain seperti silikon spray yang disemprotkan pada permukaan blade setelah peranti ini dipastikan bersih dari debu yang menempel.  

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com