Banyak Lubang di Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Pelek

Banyak Lubang di Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Pelek

Terbuat dari bahan alloy atau besi yang kuat, banyak orang berasumsi bahwa pelek mobil tak mungkin rusak. Padahal pelek, seperti komponen mobil lainnya juga memiliki potensi rusak jika bermasalah.

Dalam beberapa kasus, pelek depan yang rusak akan menyebabkan getaran di kemudi. Tapi umumnya kerusakan pelek tidak akan dapat dirasakan kecuali di saat bersamaan ban juga rusak seperti pecah atau benjol. Tentunya selain mengganggu, juga berpotensi bahaya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada pelek mobil. Terutama di musim hujan yang mengakibatkan banyak jalan berlubang. Karena ada kemungkinan pelek mobil rusak karena saat mobil menghantam lubang yang tertutup air.

“Musim hujan seperti sekarang membuat kita harus lebih waspada selama di perjalanan. Jangan sampai pelek mobil rusak karena menabrak lubang,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Jika kejadian ini tak terhindarkan, menurutnya segera tepikan mobil dan periksa kondisi ban dan pelek setelah mobil menabrak lubang atau gundukan jalan dengan kecepatan tinggi.

Selain menghantam lubang, ada hal yang bisa menyebabkan pelek rusak atau performa pelek menjadi menurun seperti tekanan angin ban yang kurang.

Saat tekanan angin ban mobil kurang dari standar secara terus menerus, guncangan ban akan diteruskan ke pelek. Kondisi itu lama kelamaan akan merusak pelek, apalagi mobil sudah dimodifikasi dengan ban berprofil tipis.

Kemudian, mendiamkan pelek retak juga berbahaya. Memang selama hanya kerusakan ringan seperti baret karena terkikis trotoar, masih dianggap wajar. Tapi jika pelek sudah tak bulat sempurna atau peyang, disarankan untuk mengganti dengan pelek baru.

"Jangan memperbaikinya seperti melakukan press pelek, karena konstruksi pelek sudah berubah dan sulit untuk bisa kembali normal," katanya.
 
Nantinya justru akan mempengaruhi sistem pengendalian dan kenyamanan mobil, akan sangat berbahaya jika diabaikan lantaran dapat mengakibatkan kecelakaan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com