Memilih Oli Mobil Terbaik, Wajib Perhatikan Bahan Dasarnya

Memilih Oli Mobil Terbaik, Wajib Perhatikan Bahan Dasarnya

Memilih oli mobil terbaik memang susah-susah-gampang. 

Padahal fungsi oli bagi mesin sangat krusial, khususnya untuk menjaga kinerja terbaik mesin kendaraanmu.

 

Oli mesin terbaik harus mampu melumasi komponen dan mereduksi pergesakan yang terjadi di dalam mesin, serta membuat endapan-endapan di dalam dinding mesin menjadi bersih.

Untuk kamu yang masih awam, oli mesin terbagi menjadi beberapa jenis yaitu oli mineral, olifull sintetik, dan oli mesin semi sintetik.

Redaksi kami telah menyiapkan tips memilih oli terbaik, dengan cara memperhatikan bahan dasar olinya.

 

1. Oli mineral

Oli mineral menggunakan penyulingan mineral dari bumi. Karena ini merupakan teknologi pertama, sehingga sistem pelumasan pada komponen mesin masih kurang bagus.

Oli mineral memang memiliki harga yang murah, namun masa pemakaiannya tidak bertahan lama dan hal inilah yang membuat jenis bahan dasar oli ini sudah mulai ditinggalkan.

Namun, masih ada beberapa mesin kendaraan mobil yang masih harus menggunakan jenis oli ini.


2. Oli full Sintetik

Jenis oli full sintetik sendiri merupakan oli terbaik dari pemilahan oli mineral, hal ini lah yang membuat oli ini memiliki harga yang lumayan tinggi dibandingkan oli biasa.

Namun secara pengolahan dan kegunaannya oli jenis ini jelas lebih bagus dibandingkan dengan oli mesin non-sintetik biasa karena memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi, serta melindungi mesin dengan lebih bagus, juga membuat efesiensi bahan bakar yang lebih hemat.

Salah satu oli dengan berbahan dasar full sintetik seperti TOP1 Evolution series bisa menjadi pilihan terbaik bagi mobil Anda.

Oli TOP1menghadirkan rangkaian oli sintetik yang diformulasikan dengan Ester Fortified dan Extreme Low Shear Technology, sehingga memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi serta mampu memberi perlindungan maksimal terhadap keausan.

Oli sintetik dari TOP 1 Evolution Series telah dipercaya sejak tahun 2017 oleh komunitas Mclaren Club Indonesia untuk melindungi mesin mobil supercar ini.

3. Oli semi-sintetik

Jenis bahan dasar oli selanjutnya adalah paduan antara oli mineral dan sintetik. Kualitas ini  berbahan dasar semi-sintetik berada di tengah antara mineral dan sintetik.

Oli jenis ini merupakan paduan antara oli mineral dengan syntetic, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah dari oli full syntetic.

Dari ketiga jenis oli tersebut, oli mineral dan oli full sintetik merupakan jenis oli motor maupun mobil yang sering digunakan.

 

ADVERTORIAL

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com