Cara Ganti Oli Mobil Sendiri, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini

Cara Ganti Oli Mobil Sendiri, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini

Ganti oli mobil sendiri sebenarnya sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Yuk Simak 5 langkah mudah ganti oli mobil sendiri berikut ini

 

1. Angkat Mobil

Siapkan peralatan seperti dongkrak, penyangga, dan balok atau batu. Pastikan Anda menempati posisi dengan benar, jika salah makan akan merusak mobil Anda.

Caranya, Anda hanya perlu pasang rem tangan dan tahan dengan penyangga pada permukaan datar. Selain itu, ganjal ban belakang mobil Anda dengan sesuatu seperti batu atau kayu balok.

 

2. Panaskan Mobil Anda dan Buang Oli Lama

Anda hanya perlu memanaskan mesin mobil selama dua hingga tiga menit. Mesin hangat juga membantu kotoran yang tercampur dengan oli ikut terbuang.

Selagi Anda memanaskan mesin mobil, Anda perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda perlu menyiapkan oli sesuai takaran liter kebutuhan mesin mobil Anda, saringan oli baru, baki dan kertas koran bekas untuk menampung oli bekas, dan kunci-kunci mobil yang dibutuhkan.

Anda juga perlu membuka kap mesin, buka kenop tempat pengisian oli. Ini dimaksudkan agar proses pengurasan oli bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Sebelum membuang, letakan koran atau kertas bekas agar tidak terlalu terpapar oli serta ember/baki untuk menampungn oli mobil lama Anda.

Selanjutnya buka baut penutup bak oli, otomatis oli akan mengucur dengan sendirinya. Pada saat oli telah keluar semua, pasang kembali baut penutup lalu kencangkan

 

3. Mengganti Saringan Oli

Tugas Anda selanjutnya adalah mengganti saringan oli. Umumnya, berbentuk semacam silinder sepanjang 10-15 cm dan berdiameter sekitar 8-9.

Pastikan ember/baki penampung oli masih berada di tempatnya. Biasanya, ada sedikit oli yang tersisa di tabung saringan. Kemudian, pastikan seal karet berbentuk lingkaran pada saringan oli telah dilepas. Terakhir, pasang saringan oli dengan hati-hati dan seksama.

 

4. Gunakan Oli TOP1 Evolution Full Synthetic

 

Selalu gunakan oli mobil terbaik untuk mesin kendaraan Anda, seperti Oli TOP1 Evolution Full Synthetic yang sudah teruji keunggulannya. Oli TOP1 Evolution  memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis mobil.

Oli TOP1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic dengan kualitas terbaik. Oli Full Synthetic adalah oli hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, Oli yang Full Synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan Oli biasa.

Oli TOP1 Evolution   memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan Melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP1.

 

5. Tuang Oli Baru

Setelah melewati beberapa tahap di atas, tuang oli diposisi mobil berada di tempat datar. Hal ini dimaskudkan agar Anda dapat mengetahui tanda pengukur oli dengan tepat.

Kemudian, pasang kembali tutup pengisian oli ketika sudah selesai menuang oli mobil Anda. Periksa kembali apakah masih ada alat yang tertinggal.

Anda juga perlu menyalakan mesin untuk memastikan lampu indikator tekanan oli mati setelah mesin menyala. Posisikan perseneling pada netral dan rem tangan terpasang. Menyalakan mesin mobil juga berguna untuk meningkatkan tekanan dan mengecek apakah semua bagian telah terpasang baik.

 

ADVERTORIAL

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com