Catatan Penting Sebelum Melalui Tol Cikampek Elevated

Catatan Penting Sebelum Melalui Tol Cikampek Elevated

Jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah resmi beroperasi. Ruas yang baru saja diresmikan ini tentu saja memiliki fungsi mengurai kemacetan jalan tol tersebut yang kian mengular.

Tentunya, pada musim liburan akhir tahun ini pengguna ruas tol ini akan semakin meningkkat. Lantas, pakar keselamatan pun turut menganjurkan berbaagai tips untuk Anda yang hendak berlibur melalui jalan tol ini. 

 

Sony Susmana selaku Director Training Safety defensive Consulant menjeleskan beberapa hal terkait tol layang yang memiliki kontur cenderung bumpy tersebut.

“Kontur jalan yang bumpy di banyak bagian dan sambungan konstruksi membuat pengendara harus berpikir 1.000 kali untuk memacu kendaraan di atas 80 km/jam. Mobil akan lebih mudah limbung dan kerja suspensi lebih berat. Maka kecepatan yang aman antara 60 km/jam hingga 80 km/jam,” ujar Soni saat dihubungi oleh tim OtoDriver (19/12).

Selain itu, Soni menghimbau bagi setiap pengendara untuk mempersiapkan mobilnya sebaik mungkin. “Jangan sampai mobil mogok di atas jalan layang tersebut. Jadi, persiapkan kendaraan sedetail mungkin termasuk volume bahan bakar,” papar Soni.

Soni juga menjelaskan agar berkonsentrasi lebih saat berada di jalan tol elevated tersebut. “Fokus berkendara selama di jalan layang tol tersebut serta kurangi kecepatan saat terjadi lateral wind. Jaga jarak juga untuk antisipasi,” sambungnya.

Dengan dibukanya jalur yang hanya punya dua pintu gerbang di Cikunir dan Karawang Timur ini maka arus mudik Natal mendatang diharapkan akan lebih lancar.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com