Begini Cara Nissan Mengakali Mobil Listrik Tetap Bisa Bersuara Merdu

Begini Cara Nissan Mengakali Mobil Listrik Tetap Bisa Bersuara Merdu

Suara raungan mesin mungkin akan semakin tidak terdengar jikalau peredaran mobil berbahan bakar fosil terus menurun. Hal ini tentu akan menimbulkan kerinduan para petrolhead, apalagi mobil listrik yang diciptakan agar lebih ramah lingkungan tersebut, cenderung tidak menimbulkan bunyi meskipun memiliki tenaga dan torsi yang besar.

Seperti dilansir Kyodo, Nissan Motor Co. dan unit riset perusahaan hiburan besar Bandai Namco Holdings Inc., yang memproduksi berbagai game dari seri "Pac-Man" hingga "Mobile Suit Gundam", mengembangkan efek suara seperti menginformasikan pengemudi untuk memakai sabuk pengaman dan peringatan saat pintu tidak tertutup.

Suara tersebut diperkenalkan pada model baru mobil kompak Note di Jepang, kendaraan sport Rogue dan Pathfinder di Amerika Serikat, serta Qashqai di Eropa yang mulai dijual sejak musim gugur tahun lalu.

Kolaborasi ini mencerminkan pengetahuan yang terakumulasi dalam industri video game tentang cara menyampaikan informasi yang diperlukan secara akurat dan memperingatkan perubahan situasi, kata perusahaan tersebut.


Dalam lima tahun masa percobaan, perusahaan mencoba berbagai pola skala dan tempo serta mencari suara ideal yang canggih, nyaman didengar dan tidak mengkhawatirkan.

"Kami menghilangkan ekspresi berlebihan dan menciptakan suara yang mudah didengar," kata Direktur suara di Bandai Namco Research Inc. Minamo Takahashi.

Lead engineer Nissan untuk desain suara informasi dalam mobil Hiroyuki Suzuki mengatakan bahwa model Note terbaru kini memberikan kesan modern dengan suara kontemporer. Beberapa pembuat mobil lain mencoba membedakan kendaraan mereka dengan membuat suara mengemudi yang sebanding dengan pengapian dan percepatan mesin bensin.

BMW AG Jerman mengajak pemenang Academy Award Hans Zimmer, yang menyusun soundtrack untuk seri "Pirates of the Caribbean", untuk mengembangkan suara yang cocok untuk kendaraan listrik mereka. Di Jepang, fitur akustik baru akan tersedia pada model SUV iX mulai musim gugur ini.

Toyota Motor Corp. menciptakan suara buatan untuk akselerasi, ketika mendesain ulang kendaraan sel bahan bakar hidrogen Mirai pada bulan Desember.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com