Nissan X-Trail Hybrid Siap Melantai di Indonesia, Simak Bocoran Spesifikasinya

Nissan X-Trail Hybrid Siap Melantai di Indonesia, Simak Bocoran Spesifikasinya

Secara global Nissan telah meluncurkan X-Trail generasi terbaru. Kini X-Trail telah dipersenjatai hybrid yang disebut dengan e-POWER.

Nah, kemungkinan Nissan X-Trail generasi terbaru dengan teknologi e-Power diprediksi bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat. Bahkan, nama Nissan X-Trail e-Power sudah terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri.

Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Nissan X-Trail e-Powert terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023. Pada lampiran peraturan tersebut, ada nama Nissan X-Trail e-Power VE Turbo 4x2 dan Nissan X-Trail e-Power VL 4x4.

Adapun NJKB Nissan X-Trail e-Power VE 4x2 sebesar Rp 446.000.000 dengan dasar pengenaan pajak Rp 468.300.000. Sementara Nissan X-Trail e-Power VL 4x4 punya NJKB 469.000.000 dengan dasar pengenaan pajak Rp 492.450.000.

Sebagai catatan, NJKB bukanlah harga jual mobil yang biasanya ditampilkan dealer. NJKB belum termasuk pajak-pajak sehingga harga jual on the road dipastikan lebih tinggi lagi.

Sementara itu, teknologi hybrid e-Power pada Nissan X-Trail terbilang canggih. Nissan sejatinya sudah pernah mengusung teknologi hybrid macam ini di model Note. Namun mereka mengklaim, e-POWER yang hadir di X-Trail terbaru ini telah ditingkatkan secara signifikan.

"Sederhananya, motor listrik yang menggerakkan roda. Hal ini yang membuat impresi berkendaranya seperti sebuah EV murni," papar Cliodhna Lyons selaku Vice President, Product Planning Nissan AMIEO region lewat keterangan resminya.

"Motor listrik tersebut ditenagai oleh sebuah mesin 1.5 liter variable compression turbo engine yang bekerja secara senyap dan memberi asupan ke baterai berdaya 1,8 kWh," lanjutnya.

 

Menariknya ketika baterai di Nissan X-Trail ini habis, mesin bensinnya dapat langsung memberi tenaga ke motor listrik. Sehingga, pengendara dapat tetap melaju secara senyap layaknya sebuah mobil listrik murni.

X-Trail terbaru juga dihadirkan dengan pilihan penggerak semua roda atau all wheel drive. Nissan menyebut teknologi ini dengan e-4ORCE.

Nissan mengklaim untuk versi e-4ORCE, mesin bensin 1.500 cc yang menyalurkan tenaga ke motor listriknya ini dapat menghasilkan output tenaga hingga 211 HP serta torsi 300 Nm di roda depan dan 195 Nm di roda belakang.

Sedangkan untuk versi 2WD-nya, tenaga dari rangkaian mesin bakar dan motor listrik ini bisa tembus 201 HP serta torsi 330 Nm di roda depan.

Melihat kemungkinan mobil ini hadir di Indonesia, diprediksi GIIAS 2023 adalah panggung utamanya.

“Ada mobil ramah lingkungan yang nanti kita pamerkan di GIIAS 2023, tunggu saja,” ucap Julian Olmon selaku Head Of Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com