Komparasi Spek VW Tiguan Allspace VS Fortuner 'Bensin'

Komparasi Spek VW Tiguan Allspace VS Fortuner 'Bensin'

Berbicara SUV ladder frame yang ada di Indonesia, tentu nama-nama beken seperti Toyota Fortuner, Isuzu mu-X maupun Mitsubsihi Pajero Sport selalu menjadi sorotan utama.

Namun Anda mungkin melupakan salah satu penantang asal Eropa. Yap, Volkswagen juga sudah menjual Tiguan Allspace, yang menawarkan kapasitas 7 penumpang serta opsi penggerak empat roda sama seperti para rivalnya.

Dengan tampilan khas SUV eropa dengan fitur canggih yang dimilikinya, bagaimana perbandingannya jika disandingkan dengan Toyota Fortuner? Berikut perbandingan spesfikasinya.

Foto: Danu

 

Mesin

Toyota tak hanya menjual Fortuner varian diesel di Indonesia, karena berdasarkan website resminya, mereka masih menjual mesin bensin berkapasitas 2.694 cc yang punya tenaga sebesar 163 ps pada rpm 3.400. Sementara torsinya bertengger di angka 240 Nm pada rpm 4.000. Mesin penenggak bensin tersebut duduk manis di sasis tipe tangga.

Sedangkan Tiguan yang mengadopsi sasis monokok mengandalkan mesin mungil berkapasitas 1.400 cc namun sudah dilengkapi dengan turbo dengan berbahan bakar bensin. Sehingga mampu menyemburkan tenaga sebesar 150 ps dengan torsi puncak 250 Nm.

Dalam hal ini, Fortuner memiliki tenaga mesin lebih besar 13 ps, namun kalah torsi 10 Nm ketimbang Tiguan. Kemudian dengan mesin lebih kecil, Tiguan harusnya juga unggul dengan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Dimensi

Mengomentari dimensinya, Fortuner hadir dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm serta wheelbase 2.745 mm.

Sedangkan Tiguan Allspace punya panjang 4.701 mm, lebar 2099 mm, tinggi 1674 mm dengan panjang wheelbase 2.787 mm. Soal dimensi, Fortuner lebih panjang 94 mm dan lebih tinggi 161 mm, sementara Tiguan lebih lebar 244 mm dengan panjang wheelbase lebih baik 42 mm.

Minusnya, bahkna tanpa membandingkan dengan Fortuner, bangku baris ketiga Tiguan Allspace jauh dari nyaman ketika diduduki orang dewasa. Sedangkan berkat dimensinya yang lebih besar, maka duduk di bangku baris ketiga Fortuner tentu tak ada masalah. 

Fitur

Sebagai SUV keluarga yang dapat diandalkan di segala jenis medan jalan, Fortuner dan Tiguan dipersenjatai fitur-fitur keselamatan terbarik, seperti ABS, Airbags, EBD, bahkan Hill Start Assist dan Hill Decent Control. Namun, Tiguan memiliki fitur canggih seperti Park Assist yang tak dimiliki Fortuner. Bahkan fitur pintar pembantu manuver parkir itu belum ada di SUV seharga Rp 600 jutaan sekalipun.

 

Harga

Volkswagen membanderol Tiguan Allspace seharga Rp 605 juta, sedangkan Toyota menawarkan enam tipe Fortuner yang dijual mulai Rp 490 hingga Rp 671 jutaan. Walau harganya lebih menarik, namun Anda harus siap mendapati jaringan purnajual VW yang sangat jauh lebih sedikit dari Toyota. Kendati demikian, menunggangi Tiguan Allspace tentu jadi point plus tersendiri karena tak pasaran di jalanan, tidak seperti Fortuner yang populasinya membludak.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com