Komparasi Spek Honda Civic Hatchback RS VS Mazda 3

Komparasi Spek Honda Civic Hatchback RS VS Mazda 3

Bertempat di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, 6 Februari 2020, PT Honda Prospect Motor resmi melansir Civic hatchback RS. Seperti sama-sama kita ketahui bahwa Civic hatchback sudah dijual di Indonesia sejak 2017 silam dan saat ini dianggap waktu yang tepat buat Honda merilis varian tertingginya.

Jika diperhatikan dari spesifikasi dan harga jualnya, maka Civic hatchback RS akan berhadapan langsung dengan Mazda 3 di tanah air. Mengandalkan fitur dan performa mesin yang mengangumkan, keduanya menyasar keluarga muda atau personal berjiwa sporty yang butuh hatchback dengan tampilan menawan.

Berikut perbandingan spesifikasi keduanya.

Foto: Imam

 

Dimensi

Varian RS pada Honda Civic hatchback memiliki dimensi yang sama dengan tipe E dan S yang sudah dilansir sejak lampau. Tampil dengan panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm, tinggi 1.421 mm dan wheelbase 2.700 mm.

Sementara rivalnya hadir dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.435 mm dan wheelbase 2.725 mm.

Dengan demikian, Civic hatchback RS punya dimensi lebih panjang 41 mm dan lebih lebar 280 mm. Sementara Mazda 3 ternyata lebih tinggi 14 mm dengan wheelbase lebih panjang 25 mm.

Mesin

Soal jantung pacunya, Mazda 3 hadir dengan SkyActive-G berkapasitas 2.000 cc, sementara Honda lebih mempercayakan mesin VTEC Turbo 1.500 cc untuk Civic hatchback RS.

Hasilnya, mesin Mazda 3 mampu menghasikan tenaga 153 ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 200 Nm/4.000 rpm. Meski Mazda 3 berkapasitas mesin lebih besar, nyatanya Honda Civic hatchback justru unggul dalam hal performa, tenaga mesin turbonya mampu menghadirkan 173 ps pada putaran 5.500 rpm dengan torsi sebesar 220 Nm pada 1.700-5.500 rpm.

 

Fitur

Berbicara fitur, keduanya hadir dengan fitur keselamatan standar modern, seperti 6 buah Airbags, EBD, ABS, Brake Assist, Line keep Assist dan jok belakang ISOFIX. Tidak hanya itu, keduanya juga sudah dilengkapi sensor parkir, kamera mundur dan cruise control.

Fitur hiburannya juga berimbang, dengan konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto, hanya saja head unit Civic sedikit lebih besar ketimbang Mazda 3. Namun Mazda memiliki tambahan fitur keselamatan i-activsense berupa Lane-keep Assist System (LAS) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Harga

Untuk harga jualnya, PT Honda Prospect Motor menjual Civic hatchback RS seharga Rp 499 juta, sedangkan Mazda 3 dijual Rp 497,8 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com