Tiguan Allspace Jadi Alternatif Bagi yang Bosan Fortuner

Tiguan Allspace Jadi Alternatif Bagi yang Bosan Fortuner

Volkswagen Tiguan Allspace kini menjadi tulang punggung penjualan merek asal Jerman itu di Indonesia. Hal itu otomatis terjadi karena produk yang dijual VW kini hanya ada tiga; Tiguan Allspace, Polo dan Golf.

Walau Tiguan 5 seater masih eksis di mancanegara, bahkan VW Indonesia kini tak menjual varian tersebut lagi. "Ya karena market di Indonesia sekarang maunya SUV dengan tujuh penumpang," terang Aswin Febianto, Volkswagen Indonesia (29/1).

Harga Tiguan Allspace kini baru saja naik menjadi Rp 605 juta OTR Jakarta setelah kena dampak perubahan tarif BBN. Dengan daya angkutnya yang disebut bisa membawa 7 penumpang maka SUV ini mau tak mau menyerempet segmen yang dihuni Toyota Fortuner CS.

Foto: Danu

 

Aswin tak menampik produknya itu harus berebut konsumen dengan SUV ladder frame seperti Mitsubishi Pajero Sport. Harusnya dengan hadirnya Tiguan Allspace konsumenlah yang diuntungkan. Dalam budget Rp 600 jutaan kini konsumen disuguhkan pilihan produk bermerek Eropa.

"Banyak juga yang beli Tiguan Allspace ini sebelumnya tidak punya Pajero Sport atau Fortuner," kata Aswin yang kami temui di daerah Ciwidey, Jawa Barat.

Namun Tiguan Allspace memang belum tampak memberi perlawanan berarti bagi duo Fortuner - Pajero Sport, apalagi usia SUV bersasis monokok itu tergolong baru. Baru meluncur pada GIIAS 2019 lalu. Data yang dibagikan pihak Volkswagen Indonesia kepada awak media per 29 Januari 2020, Tiguan Allspace sudah membukukan SPK sebanyak 900an unit sejak debutnya di GIIAS 2019 pada bulan Juli.

Terbatasnya jumlah lokasi aftersales dan ketiadaan sunroof jadi sejumlah tantangan VW untuk berkompetisi dengan SUV ladder frame merek Jepang. "Kami targetkan Tiguan Allspace terjual sebanyak dua ribu unit sepanjang 2020," tutup Aswin.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com