Tes Lengkap: Chery Omoda 5

Omoda 5 hadir dengan desain yang futuristik serta fitur yang melimpah.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Selasa, 21 Februari 2023 15:00 WIB
First Drive - Tes Lengkap: Chery Omoda 5
Bagikan ke:

Pasar SUV kedatangan wajah baru dari pabrikan asal China, mobil tersebut yakni Chery Omoda 5 yang memiliki desain modern serta fitur bak mobil mewah.

Tim OtoDriver.com sudah menjajal mobil yang meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 ini. Kami sudah lakukan pengetesan jangka waktu yang panjang dan sudah tayang di laman YouTube.

Lantas bagaimana hasil tes lengkapnya?

Desain interior dan eksterior

Foto - Tes Lengkap: Chery Omoda 5

Dari sisi eksterior Omoda 5 sudah tak diragukan lagi karena sangat futuristik. Terlihat dari khasnya pada bagian grill yang disematkan chrome diamond ditambah beberapa sentuhan aksen merah di berbagai sisi. Sementara itu mobil ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED yang sudah animasi.

Jika dilihat dari bagian samping mobil ini memang memiliki desain yang atraktif dengan atap yang landai seperti SUV bergaya coupe terlihat sangat dinamis. Selain itu dari sisi belakang juga hadir dengan kaca yang landai dengan spoiler bertingkat, ditambah sentuhan aksen merah membuat mobil ini terlihat lebih sporty.

Masuk ke dalam kabin, Omoda 5 bak seperti mobil premium dengan menghadirkan layar digital yang besar, pada layar tersebut digunakan untuk layanan infotainment dan instrumen digital. Terdapat juga nuansa art pada bagian dasbor yang membuat mobil ini tergolong mewah. Selain itu terdapat wireless charging dan tempat kunci yang berfungsi ketika kunci lemah lebih mudah digunakan.

Omoda 5 juga hadir dengan sunroof membuat kesan mewah pada mobil ini. Serta hadir dengan beberapa material empuk dan tidak murahan, bahkan kursinya sangat sporty untuk SUV Medium.

Kelengkapan fitur

Foto - Tes Lengkap: Chery Omoda 5

Dari sisi fitur yang disematkan juga tak diragukan lagi bahkan sudah modern dan teknologinya kekinian. Dari sisi layanan infotainment sudah terkoneksi dengan Apple Carplay dan serba digital. Tak hanya itu saja, beberapa fitur lain termasuk  sistem keselamatan ADAS atau Advanced Driving Assistance System dan juga Intelligent Voice Assistant.

Selain itu, terdapat juga Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control, Reverse Tendency Alert, Door Open Warning, Autonomous Emergency Braking, Blind Spot Detection, hingga Front Collision Wheels. Menarik bukan?

Dengan beberapa fitur di atas tentu tergolong mewah dan juga telah disematkan untuk model Chery yang sudah terlebih dahulu meluncur di Indonesia yakni model Tiggo.

Rasa Berkendara

Foto - Tes Lengkap: Chery Omoda 5

Tentu banyak yang penasaran dengan rasa berkendara SUV asal China ini. Dari posisi pengemudi mobil ini tergolong nyaman, dengan dilengkapi setir yang sudah teleskopik, namun posisi duduk memang tidak terlalu ergonomis tetapi masih nyaman.

Setelah melakukan percobaan mobil ini sangat istimewa bahkan tidak terasa seperti mobil yang berasal dari China. Omoda 5 hadir dengan bantingan yang sama halnya dengan karakter mobil Eropa. Apalagi suspensi yang dihadirkan tergolong nyaman meski ada limbung tetapi masih dalam konteks normal.

Konsumsi bahan bakar

Foto - Tes Lengkap: Chery Omoda 5

Chery Omoda 5 juga dibekali dengan mesin yang cukup menjanjikan. Jantung pacunya berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan turbo dengan tenaga mencapai 145 dk dan torsi 230 Nm. Berdasarkan pengetesan kami untuk akselerasi menggunakan alat berbasis GPS, Chery Omoda 5 mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 8,61 detik.

Untuk konsumsi bahan bakar, berdasarkan pengetesan kami di jalan dalam kota dengan kecepatan 22 km per jam mobil ini menghasilkan angka 9,8 km/liter, sementara itu untuk rute jalan tol dengan kecepatan 90 km per jam konsisten mampu menghasilkan angka 14,5 km/ liter.

Hal yang mengganggu

Meski banyak keunggulan yang dihadirkan, mobil ini juga terdapat beberapa hal yang mengganggu. Pertama dari tampilan layar infotainment yang memiliki tampilan standar ketika tidak menggunakan Apple Carplay, selain itu layar instrumen digital juga tidak bisa dilakukan penggantian desain, dan keterangan yang tidak bisa diatur sehingga ketika siang hari terlihat gelap.

Selain itu visibilitas ke bagian belakang mobil juga tidak terlalu luas karena Omoda 5 hadir dengan kaca yang sempit, dan terakhir itu suara klakson yang terlalu kecil untuk mobil dengan tampilan yang futuristik ini.

#chery-indonesia #mobil #otomotif #omoda-5 #mobil-baru #suv #iims-2023 #tes-lengkap

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.