FIRST DRIVE: BMW M235i Gran Coupe xDrive

FIRST DRIVE: BMW M235i Gran Coupe xDrive

BMW M235i Gran Coupe xDrive baru saja diluncurkan di Indonesia. Mobil ini menjadi spesies M empat pintu termungil yang ada di Indonesia.

Kami pun berkesempatan untuk menjajal mobil ini. Lantas, bagaimana dengan impresi first drive-nya?

Kita lihat bagian luarnnya terlebih dahulu. Tentu mobil ini hadir dengan nuansa sporty khas M. Grillnya berukuran besar seperti  model BMW terkini, desain bemper yang cukup agresif, 4 pintu frameless layaknya sebuah gran coupe, serta bagian belakangnya yang sepintas mirip dengan buritan X4 versi mungil.

Langsung ke ruang kabinnya, Fiturnya pun cukup berlimpah. Sebut saja instrument cluster digital dengan gaya model BMW terkini, iDrive generasi terbaru, atap panoramic, ambient light yang sport, electric seat, wireless charging, dan lain-lain.

Namun kami merasa memang ruang kabin M235i Gran Coupe ini memang cenderung monoton. Seperti instrument cluster digitalnya, ambient light yang hanya 6 pilihan warna,

Karena ini merupakan varian M, maka rasanya kami tak sabar untuk langsung menjajal jalan mobil ini. Kami pun langsung saja menjalankan mobil ini.

Hal yang pertama langsung terasa adalah aura sportynya berkat suara knalpot mobil ini yang begitu indah. Tidak hanya itu, suara Active Sound Design alias ASD pada mobil ini juga begitu terdengar sehingga begitu membangkitkan semangat ketika mengendarai M235i ini.

Meski merupakan varian M dan berdimensi kompak, namun nyatanya suspensi mobil ini tidak keras. Masih nyaman untuk digunakan di jalan bergelombang tetapi sigap ketika diajak bermanuver.

Lantas, bagaimana dengan performa mesinnya? M235i Gran Coupe ditenagai oleh mesin yang sama persis dengan MINI Countryman JCW dan Clubman JCW. Jantung pacu tersebut berkapasitas 2.000 cc 4 silinder turbo dengan tenaga mencapai 306 dk dan torsi 450 Nm, berpadu dengan transmisi otomatik 8 percepatan Steptronic dan berpenggerak empat roda.

Tenaganya pun kami menilai cukup agresif. Tak hanya itu, meski tak dilengkapi dengan transmisi dual clutch, namun perpindahan giginya cukup responsif.

Kesimpulan

BMW M235i Gran Coupe memang mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan generasi terdahulunya. Mobil ini dibangun dari basis serta mesin yang sama dengan model MINI. Tetapi tidak menjadi halangan, karena aura sporty mobil ini masih begitu kental serta bantingan suspensi mobil ini yang tergolong nyaman.

Kendati demikian, kami menemukan ada beberapa kelemahan di mobil ini seperti instrument cluster mobil ini yang cenderung monoton, serta ambient light yang hanya tersedia 6 pilihan warna.

Kelebihan

1. Bantingan suspensi nyaman

2. Respons transmisi cepat

Kekurangan

1. Instrument cluster monoton

2. Ambient light hanya tersedia 6 pilihan warna

Spesifikasi

BMW M235i Gran Coupe xDrive

Harga: Rp 1,259 miliar off-the road

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder turbo

Tenaga maksimum: 306 dk

Torsi maksimum: 450 Nm

Penggerak: 4 roda

Foto tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

Adit

Simak Video : OD Flash: BMW Seri-3 Rakitan Lokal Tembus RP 840 Jutaan

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com