Ini Alasan Ferrari Tetap Kembangkan Mesin V12 di Era Elektrifikasi

Ini Alasan Ferrari Tetap Kembangkan Mesin V12 di Era Elektrifikasi

OTODRIVER - Ferrari terus mempertahankan mesin bakar dengan meluncurkan Ferrari 12Cilindri bermesin V12 di tengah tren dunia yang mengarah elektrifikasi.

Pabrikan asal Maranello, Italia ini meyakini pengalaman berkendara mesin internal combustion berkonfigurasi V12 silinder tak bisa tergantikan oleh mesin-mesin baru bertenaga listrik.

Bahkan di saat banyak pabrikan mobil dunia stop mengembangkan mesin berbahan bakar fosil, Ferrari sejak 4 tahun lalu memutuskan melanjutkan riset dan pengembangan mesin bakar mereka.

Bukan berarti Ferrari menganggap teknologi elektrifikasi tak perlu. "Ferrari punya mesin-mesin berteknologi listrik juga seperti di mesin hybrid V8 dan V6. Tapi kami memakai teknologi hybrid bukan untuk penghematan konsumsi BBM, namun lebih sebagai penambah performa mesin keseluruhan," ujar Gianmaria Fulgenzi, chief product development officer Ferrari saat di temui OtoDriver di kantornya di Maranello, Italia.

Gianmaria Fulgenzi V12 memberikan pengalaman tersendiri dan menggairahkan

Gianmaria juga menerangkan, pilihan beragam mesin Ferrari saat ini memberikan keleluasaan konsumen buat memilih sesuai preferensi mereka.

Khusus di mesin V12, Ferrari menganggap sakral dan ikonik karena mobil Ferrari pertama di tahun 1947 memakai mesin konfigurasi serupa.

Gianmaria menyebut kinerja mekanis mesin V12 sulit ditandingi dari sisi performa dan kehalusan getaran yang dihasilkan. "Hanya yang sudah pernah merasakan mesin V12 yang bisa sependapat dengan ini," terangnya.

Bukan hanya soal itu, mesin V12 juga menghasilkan rambatan tenaga yang linear dan suara lengkingan yang merdu.

Mesin V12 terbaru Ferrari yang dipasang di Ferrari 12Cilindri diklaim mampu menghasilkan sensasi yang sulit tertandingi.

"Mungkin banyak mobil-mobil elektrik saat ini yang mampu menandingi akselerasi mesin V12 Ferrari 12Cilindri. Tapi kami di Ferrari bukan sekadar menawarkan performa mesin semata. Ferrari memberikan pengalaman berkendara secara menyeluruh yang menggairahkan siapapun yang mengemudikannya," tegas Enrico Galliera, chief marketing and commercial officer Ferrari. (BA)

12Cilindri dibekali V12 engine 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com