Harga Rp 11 Miliiar tapi Permintaan Tinggi, Ferrari Stop Pesanan Purosangue

Harga Rp 11 Miliiar tapi Permintaan Tinggi, Ferrari Stop Pesanan Purosangue

Ferrari beberapa waktu lalu baru saja memperkenalkan SUV perdananya yang diberi nama Purosangue. Namun, meskipun dibanderol $728.000 atau 11.451 miliar rupiah, Ferrari untuk sementara berhenti menerima pesanan SUV Purosangue karena permintaan yang tinggi.

"Bukan rahasia lagi bahwa kami berhenti menerima pesanan. Kami sangat tertarik tanpa mengirimkan satu mobil pun," kata Kepala Pemasaran dan Pejabat Komersial, Enrica Galliera kepada dikutip dari drive.com.au, Rabu (30/11).

Ferrari telah membatasi produksi SUV pertamanya hingga 20 persen dari keseluruhan produksinya, yang berarti bahwa hanya satu dari lima Ferrari yang terjual akan menjadi Purosangue.

"Kami mengambil keputusan yang menurut kami konsisten dengan positioning Ferrari dan modelnya," papar Enrica.

Dimintai komentar, Ferrari menolak untuk memberikan detail lebih lanjut. Daftar tunggu untuk Ferrari baru biasanya berjalan sekitar 18 bulan. Perusahaan memprioritaskan pelanggan yang sudah ada saat menerima pesanan model baru. Demikian disiarkan Reuters, Selasa (29/11).

OtoDriver sendiri hadir langsung dalam peluncuran Purosangue  di Maranello, Italia untuk bertemu langsung mobil ini. Ternyata Ferrari enggan menyebut Purosangue sebagai sebuah SUV. Mereka menyebutnya sebagai "4-Seater, 4-Door Sports Car". Sosoknya memang tak setinggi SUV pada umumnya, tapi memang ini adalah Ferrari pertama yang berkonfigurasi seperti itu.

Mesin yang digunakan juga bukan khas SUV modern yang biasanya memakai mesin turbo atau elektrifikasi. Ferrari dengan radikal justru memilih unit 6.500 cc V12 N/A bertenaga 765 hp dan torsi 716 Nm. 

"Purosangue artinya thoroughbred (ras murni), jadi dengan mesin ini kami membuatnya murni sebuah Ferrari dengan lengkingan mesin yang merdu," ucap Gianmaria Fulgenzi, Chief Product Development Officer saat kami tanya mengenai pemilihan mesin tersebut.

Dengan tenaga sebesar itu, penggerak AWD dan bodi aerodinamis, Purosangue bisa menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,3 detik dan top speed mencapai 310 km/jam. Andaikan Ferrari mau mobil ini disebut SUV, artinya ia akan menjadi SUV tercepat di dunia saat ini. Tapi mereka tetap bersikukuh kalau Purosangue adalah sports car.

Sementara itu, Ferrari Indonesia dipastikan bakal menjual SUV perdana Kuda Jingkrak asal Italia yang diberi nama Purosangue. Kami juga berkesempatan melihatnya langsung dalam peluncurannya yang diadakan di Italia bulan September lalu, dan sudah memprediksi kehadirannya di tanah air tidak akan lama lagi.

"Itu produk baru ya (Ferrari Purosangue), kita memang belum lihat produknya tapi kita sudah diinfo (meluncur di Indonesia). Marketnya itu ada dan pasti ada," ujar General Manager PT Eurokars Prima Utama, Nini Chiandra.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com