Tok! Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Mobil Listrik Mulai dari Rp25-80 Juta

Tok! Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Mobil Listrik Mulai dari Rp25-80 Juta

Besaran angka bantuan subsidi pemerintah terkait mobil listrik, banyak ditunggu konsumen otomotif. Sebab baru sepeda motor yang kini dibeberkan detail.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang akhirnya membocorkan besaran subsidi pemerintah untuk pembelian mobil listrik per unit. Dikutip dari CNN Indonesia, besaran bantuan tersebut mulai dari Rp25-80 juta untuk setiap unit kendaraan untuk Wuling Air Ev dan Hyundai Ioniq 5.

"Bantuan pemerintah untuk yang mobil kebetulan yang TKDN 40 persen baru dua, Ioniq 5 dan Wuling. Kira-kira  sekitar Rp 70-an juta juga. Jangan disebut memastikan, tapi sekitar Rp 70-80 juta bantuan pemerintah untuk mobil Ioniq 5," kata Agus. 

Artinya pemberian bantuan dari pemerintah tak dipukul rata untuk jenis mobilnya, berbeda dengan roda dua yang memang memukul rata untuk tiga pabrikan yang mendapatkan bantuan. 

Selain itu, bantuan yang diberikan kepada dua pabrikan di atas bukan tanpa alasan, sebab ada aturan untuk memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen. 

"Karena memang local content itu yang menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk meluncurkan bantuan pemerintah. Jadi ini bukan insentif bukan subsidi. Ini bantuan dari pemerintah," ujar Agus.

Seperti diketahui Menteri Agus sebelumnya mengatakan bahwa bantuan pemerintah untuk kendaraan listrik akan dimulai per 20 Maret 2023. Tentu menjadi angin segar bagi Anda yang ingin membeli mobil listrik dari Wuling Air Ev dan Hyundai Ioniq 5 agar semakin banyak mobil listrik yang ada di jalan Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com