Daihatsu Terios 7 Wonders, Beautiful Sumba Exploration: Mencumbu Keelokan Danau Weekuri

Daihatsu Terios 7 Wonders, Beautiful Sumba Exploration: Mencumbu Keelokan Danau Weekuri

Sumba merupakan salah satu kepingan surga yang terburai di Indonesia. Keelokan alam pulau yang menyandang julukan pulau Seribu Bukit ini yang menggerakkan Daihatsu untuk mengekplorasi daerah di Nusa Tenggara Timur ini.

Melalui tema Beautiful Sumba Exploration yang digelar 24-27 Maret 2022, petualangan Terios 7 Wonders yang meliputi destinasi Danau Weekuri, Desa Adat Prai Ijing, Desa Adat Prailiu,Bukit Tenau, Pantai Puru Kambera, Air Terjun Tanggedu dan Savana Tanggedu.

Destinasi pertama adalah Danau Weekuri merupakan danau air asin yang terletak di Desa Kalena Rongo, berjarak sekitar 60 KM dari Tambolaka.

Untuk menuju danau yang terletak di Sumba Barat Daya melalui cukup menantang dengan kondisi jalan menuju ke lokasi danau yang bervariatif, beberapa titik sudah beraspal halus namun ada sebagian titik yang masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah.

Nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba. Wee yang berarti air, dan Kuri berarti parutan atau percikan. Danau Weekuri dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan.

Danau ini dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut. Selain itu bagi masyarakat serempat berkembang mitos yang menyebutkan bahwa Weekuri konon dahulu merupakan nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut.

Danau Weekuri memiliki bentuk lonjong dengan panjang 150 meter dan lebar 50 meter. Sedangkan danau memiliki kedalaan 30 hingga 2,5 meter saat surut. Namun saat laut pasang kedalamannya bisa mencapai lima meter.

Selain dapat menikmati keindahan Danau Weekuri dengan bermain air ataupun berenang, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajahi keindahannya dari ketinggian.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com