Pasokan Chip Seret, GM Tutup Beberapa Pabriknya

Pasokan Chip Seret, GM Tutup Beberapa Pabriknya

Industri otomotif dunia bisa diibaratkan puzzle, jika salah satu komponen berkendala maka gambar puzzle tersebut pun tidak akan selesai.

Hal inilah yang saat ini dialami oleh beberapa pabrikan dunia termasuk General Motors  (GM) yang mengumumkan akan menghentikan produksi di beberapa pabriknya lantaran kelangkaan part pada chip semikonduktornya. Perangkat inilah yang merupakan puzzle yang langka saat ini.

Seperti dilansir reuter.com, raksasa Detroit itu mengkonfirmasikan akan menghentikan kegiatan produksi pabriknya yang terletak di Fairfax Kansas, Ingersoll Ontario dan San Luis Potosi di Mexico pada 8 Februari nanti.

Pada waktu yang sama, GM akan memangkas 50% kapasitas produksinya untuk fasilitasnya di Bupyeong 2 di Korea Selatan.

"Terlepas dari upaya mitigasi kami, kekurangan semikonduktor akan berdampak pada produksi GM pada 2021," kata juru bicara GM, David Barnes.

Di antara model GM yang terkena dampak penghentian produksi termasuk Chevrolet Malibu, Cadillac XT4, Chevrolet Equinox dan Trax, GMC Terrain, dan Buick Encore.

Kelangkaan parts semikonduktor ini pun dialami oleh pabrikan lain seperti Audi, Honda, Nissan, Toyota, Stellantis dan beberapa lainnya.

Kondisi ini diperkirakan akan menyebabkan penurunan produksi otomotif global menjadi 672.000 unit lebih rendah pada kuartal pertama 2021. Diperkirakan kondisi ini akan berpengaruh hingga kuarta ketiga tahun ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com