Bikin Pelek Super Ekslusif ? Siapa Takut, HSR Bisa Melakukannya

Bikin Pelek Super Ekslusif ? Siapa Takut, HSR Bisa Melakukannya

Desain ekslusif dan terbatas tentunya jadi suatu hal istimewa. Akan semakin istimewa apabila desain itu hanya satu-satunya. Hal inilah yang ditawarkan oleh HSR wheel untuk membuat tampilan mobil kesayangan lebih istimewa.

“Ini sebuah konsep yang luar biasa dan super limited hanya ada satu di Indonesia. Jadi, kita akan buatkan velg yang hanya ada satu desain ekslusif untuk mobil tersebut,” ucap Aldhy Rais selaku Community Manager HSR Wheel dalam siaran resminya.(08/03)

Salah satunya dibuat untuk Fitra Eri, pembalap nasional, Youtuber Otomotif dan juga kru OtoDriver untuk digunakan pada Mazda Miatanya. Lebih jauh lagi, desain pelek spesial untuk pria dengan tinggi 177 cm ini dilombakan untuk umum. Dan tentunya akan ada hadiah menarik dan nantinya pelek tersebut akan dibuat dengan cara casting.

Untuk mengetahui informasi lebih jauh dan berpartisipasi dalam kegiatan ini bisa  follow Instagram @fitra.eri dan @hsr_wheel.

Kembali ke pelek spesial, sepertinya pelek bikinan anak bangsa ini ini juga memberikan angin segar bagi khalayak yang ingin tampil beda. Artinya masyarakat bisa juga memesan pelek alloy istimewa dengan disain super terbatas ini. Bahkan lebih jauh lagi bisa menentukan cara pembuatan pelek seperti yang diinginkan yakni pelek casting, pelek flow forming dan pelek forged.

Pembuatan pelek casting dibagi jadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting. Pembuatan velg casting ialah dengan melelehkan material velg menjadi cairan. Material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk. Casting merupakan metode pembuatan velg paling umum.

Cara flow forming ialah proses pembuatan velg. Merupakan salah satu pengembangan dari jenis casting. Velg flow forming dibuat melalui beberapa tahap, dimulai melalui proses cetak kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah velg. Velg casting setengah jadi kemudian dibentuk lagi bagian pinggirnya. Dengan cara ini kepadatan materialnya pun lebih baik. Pelek ini diklaim lebih kuat 20% dari versi casting.

Terakhir adalah Forged yang dibuat dengan teknolgi paling rumit. Biasanya menggunakan material almunium padat. Cara pembuatannya yaitu alumunium padat tersebut dimasukkan ke dalam mesin dan dipanaskan kemudian dibentuk jadi velg. Dalam prosesnya velg ditekan (press) sehingga menghasilkan pelek yang solid dan keras. Tentunya menghasilkan pelek yang lebih kuat dari flow forming.

Mengenai harga, tentu tentunya tipe Forged yang punya harga paling mahal.

Apakah ada yang minat untuk membuat pelek istimewa?

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com