Toyota Sulap Innova Jadi Ambulans

Toyota Sulap Innova Jadi Ambulans

Toyota menjadi salah satu pabrikan yang aktif menyalurkan berbagai bantuan selama pandemi Covid-19 alias virus Corona di Indonesia. Berasama rekanan rantai pasok, dealer, dan afiliasinya, pabrikan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan distributor PT. Toyota-Astra Motor (TAM) menyalurkan bantuan ke berbagai penjuru.

Teracatat sampai Sabtu (16/5), Toyota telah menyumbangkan paket sembako dan alat kebersihan ke masyarakat sekitar, 1.000 APD untuk beberapa rumah sakit, unit kendaraan Dyna untuk Palang Merah Indonesia (PMI), sampai ilmu dari Toyota Production System untuk memperbaiki sistem logistik di PMI.

"Kami berharap dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi COVID-19,” kata President Director TMMIN, Warih Andang Tjahjono dalam keterangan resminya.

(Baca juga: Solusi dari Gaikindo Agar Industri Otomotif Kembali Normal)

Unit Innova Ambulans
Salah satu sumbangan teranyar yang menarik perhatian tentunya unit Toyota Innova yang disulap menjadi ambulans. Total lima unit telah disumbangkan ke PMI untuk kemudian disalurkan ke rumah sakit yang membutuhkan.

Dijelaskan oleh Direktur pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, unit Toyota Innova menjadi alternatif yang mereka tawarkan sebagai moda ambulans untuk menyiasati permintaan Hiace yang cukup besar di tengah masa pandemi Covid-19. "Sampai saat ini memang yang secara resmi pesan belum , tapi kalau menanyakan dan informasi yang masuk ke kita itu kebutuhannya sampai ratusan unit," terangnya menambahkan informasi kalau permintaan datangnya dari perusahaan-perusahaan juga instansi pemerintahan.

(Baca juga: Ketika Mobil "Pak Pos" Dapat Donasi TOP 1)

Toyota Innova yang disulap menjadi ambulans ini diharapkan dapat menjadi pilihan yang lebih menguntungkan, mengingat Hiace merupakan unit yang harus diimpor secar utuh, sehingga pemenuhannya sulit dilakukan apalagi dalam jumlah besar.

"Jadi sebenarnya dari keterbatasan impor, pasokan supply chain, dan kondisi lain-lain, kami menginformasikan dan menawarkan Innova ambulans kepada pemerintah, instansi rumah sakit, dan perusahaan-perusahaan," ujarnya.

Di sisi lain kalau mau menimbang sisi harga, Innova ambulans juga dinilai menjadi pilihan yang lebih ekonomis. " Hiace itu kan harganya sekitar Rp 500 juta, belum untuk peralatan ambulasnya. Kalau dibandingkan dengna Innova, tipe dasar itu cuma sekitar Rp 300 juta, tinggal tambah perlengkapan ambulans," ujarnya.

Unit yang disumbangkan ke PMI juga bisa menjadi bukti kalau sebeanrnya Innova ambulans sudah mencakup tandu dengan mekanisme keluar-masuk yang mudah dioperasikan, fixed oxygen system, tempat menggantung infus, laci menyimpan berbagai alat kesehatan, tempat cuci tangan, dll.

Terakhir, menurut Anton dengan dimensi yang lebih kompak dibanding Hiace, unit Toyota Innova ambulans juga memudahkan tenaga medis di lokasi pedalaman, pinggiran kota, ataupun pedesaan.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com